Mengandung Kalsium Tinggi, 9 Buah Ini Baik untuk Tulang

Kamis 18-07-2024,12:25 WIB
Reporter : Aman Santoso
Editor : Andri Irawan 01

Pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalsium. Dalam 100 gram porsi buah pepaya mengandung sekitar 20 mg kalsium.

Buah pepaya dipercaya dapat melindungi Anda dari risiko kanker usus besar dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

6. Jambu Biji

Buah yang mengandung kalsium berikutnya ialah jambu biji. Jambu biji mengandung 18 mg kalsium per 100 gram porsinya.

Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin C, likopen, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Buah Unik! 9 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan, Pria dan Wanita Dewasa Bakal Senang

7. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang memiliki kandungan kalsium. Dalam 100 gram penyajiannya, buah ini mengandung 16 mg kalsium.

Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengatasi gangguan mata.

8. Aprikot

Salah satu buah yang direkomendasikan sebagai buah tinggi kalsium selanjutnya ialah aprikot. Dalam 100 gram buah aprikot umumnya mengandung sekitar 15 mg kalsium.

Aprikot juga mengandung berbagai senyawa penting lainnya seperti antioksidan, betakaroten, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan.

Anda dapat menambahkannya ke dalam salad ataupun sereal sarapan serta dapat dinikmati secara langsung.

BACA JUGA:Anda Kekurangan Cairan Tubuh? 10 Jenis Buah dan Sayuran Ini Bisa Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat

9. Pisang

Bukan hanya memiliki rasa yang lezat, pisang juga merupakan buah dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Pisang sudah sangat dikenal sebagai buah yang memiliki tinggi kandungan kalsium.

Dalam 150 gram sajian pisang mengandung sekitar 12 mg kalsium. Buah ini juga kaya akan kandungan kalium dan karbohidrat.

Pisang dapat dikonsumsi sebagai buah utuh ataupun dibuat smoothie.

Nah, demikian 9 buah dengan kandungan kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan. Jika dibandingkan dengan produk hewani seperti susu, keju, atau ikan, jumlah kalsium dalam buah-buahan memang lebih rendah.

BACA JUGA:Meski Banyak Manfaat, Ternyata Buah Naga Juga Punya Efek Samping, Hentikan Jika Timbul Gejala Ini

Namun, penyerapan kalsium dari produk nabati akan lebih tinggi dibandingkan produk hewani. Selain dari susu atau makanan lain, Anda juga dapat memenuhi asupan kalsium melalui konsumsi suplemen.

Kategori :