Bila Muncul 8 Gejala Ini, Itu Tandanya Busi Mobil Anda Sudah Lemah, Baiknya Segera Ganti

Rabu 24-07-2024,08:42 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Berikut ini ciri atau tanda gejala jika busi mobil sudah harus diganti. Busi adalah salah satu komponen utama dalam mobil.

Seperti komponen lainnya, busi juga memiliki masa kadaluarsa. Jika sudah mencapai masanya, busi mobil perlu diganti dengan yang baru agar mobil tidak mengalami kerusakan.

Umumnya, usia maksimal sebuah busi dapat bertahan dalam perjalanan kendaraan yang menempuh 20.000 hingga 40.000 KM.

BACA JUGA:7 Tanda Filter Bensin Mobil atau Filter Fuel Pump Sudah Kotor dan Harus Diganti

Selain jarak, tanda busi mobil harus diganti juga bisa dirasakan dengan mengetahui ciri-ciri berikut ini:

1. Kondisi Mobil Terasa Aneh Saat Digunakan

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali saat busi sudah aus adalah akselerasi mobil menjadi terhambat bahkan berjalan lebih lambat.

Mobil juga terkadang mengalami lonjakan pada bagian mesin saat sedang berjalan. Bahan bakar yang biasanya irit berubah menjadi lebih boros.

BACA JUGA:Murah dan Nyaman, 4 Penyakit Ini Menghantui Mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Selain itu, akselerasi mobil bisa terasa jauh lebih berat saat membawa banyak muatan. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa busi sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja.

2. Mesin Sulit Distarter atau Dihidupkan

Busi mobil memiliki pengaruh penting terhadap performa kendaraan. Busi yang sudah mulai usang dapat menyebabkan mobil sulit untuk dihidupkan atau distarter.

Kendala lain yang mungkin dialami adalah saat berada di RPM rendah, mobil menjadi tidak stabil serta getaran pada mesin terasa tidak nyaman dan aneh. Hal seperti ini sudah menjadi pertanda umum bahwa busi harus segera diganti dengan yang baru.

BACA JUGA:Mobil CVT Diminta Waspada di KM 100 Ribuan, Patuhi 4 Hal Ini! Berikut Alasannya

3. Mesin Kurang Responsif

Busi yang sudah aus atau rusak dapat menyebabkan mesin mobil mendadak kurang responsif, yang mengakibatkan tarikan menjadi lebih berat dan akselerasi menurun seiring dengan sulitnya tarikan pada mobil tersebut.

4. Warna Pada Busi Menjadi Lebih Gelap

Ciri ini dapat diketahui dengan cara melihat kondisi fisik dari busi itu sendiri. Busi yang sudah berwarna kecoklatan wajib untuk diganti.

Hal ini terjadi akibat adanya pembakaran yang kurang sempurna, sehingga menyisakan jelaga atau warna hitam pekat pada bagian elektroda dan ujung insulator pada busi. Hal inilah yang mengakibatkan mesin mobil sulit dinyalakan dan boros bahan bakar.

Kategori :