Bila Muncul 8 Gejala Ini, Itu Tandanya Busi Mobil Anda Sudah Lemah, Baiknya Segera Ganti

Rabu 24-07-2024,08:42 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

BACA JUGA:9 Cara Merawat Gardan Mobil yang Harus Diketahui Pemilik Kendaraan

5. Mesin Mobil Bergetar Saat Idle

Kejanggalan seperti ini akan semakin terasa saat kita berada di dalam kabin. Busi yang sudah aus akan membuat mesin bergetar tidak wajar saat mobil dalam keadaan diam. Selain itu, saat tuas gas diinjak juga akan terasa jauh lebih berat.

6. Performa Mesin Turun Drastis

Busi memiliki hubungan yang cukup erat dengan bagian mesin pada mobil. Jika busi sedang tidak dalam keadaan baik, performa mesin akan turun drastis.

Mesin mobil akan memburuk seiring dengan bertambah buruknya kondisi busi. Jika hal ini terjadi, busi harus segera diganti sebelum membuat mobil semakin rusak.

BACA JUGA:Berpotensi Kebakaran, Barang Ini Dilarang Ditinggalkan Dalam Mobil, Apalagi Cuaca Panas

7. Terdapat Banyak Kerak dan Tetesan Oli Pada Busi

Jika sudah sampai pada kondisi ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengecek kondisi mesin mobil seperti packing klep dan packing silinder head.

Ini adalah kondisi yang tidak wajar karena pada umumnya oli tidak sampai ke busi. Busi yang terdapat kerak dan oli wajib untuk segera diganti karena tidak akan dapat menghasilkan percikan api.

8. Sudah Mencapai Angka 20.000 KM

Ciri selanjutnya yang bisa dilihat adalah kilometer yang sudah ditempuh oleh mobil. Disarankan untuk segera mengganti busi pada mobil setidaknya setiap 20.000 km.

BACA JUGA:Tak Perlu Baru! Meski Bekas, Mobil Ini Kaya Fitur, Irit, dan Gengsinya Jauh Lebih Tinggi

Jika sudah sampai pada jarak kilometer tersebut, akan dapat berimbas pada piranti mobil lainnya, terutama pada bagian mesin.

Jika tidak, kemungkinan tertinggi yang juga akan terjadi adalah carbon fouling atau kerak akan menjadi sangat menumpuk.

Setelah mengetahui ciri-ciri busi yang harus segera diganti pada mobil, pastikan juga memilih jenis busi yang tepat untuk mobil kesayangan Anda.

Seperti busi standar maupun busi iridium. Pastikan juga pilih busi dengan kualitas yang bagus. (and)

Kategori :