Menunda Pekerjaan Mengundang Penyakit Serius, Apa Iya? Ini Penjelasannnya

Jumat 26-07-2024,19:28 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Setiap orang pasti pernah mengalami fluktuasi semangat dalam menjalankan pekerjaan atau aktivitas tertentu. Pekerjaan yang menguras tenaga terasa sulit untuk diselesaikan, sementara pekerjaan yang terlihat mudah seringkali diremehkan dan ditunda.

Tanpa disadari, kebiasaan menunda pekerjaan bisa membawa dampak buruk di masa depan. Penting untuk memahami dampak-dampak ini agar kita bisa memperbaiki diri demi kebaikan jangka panjang.


malas bekerja--freepik.com

Mengutip Youtube Shahih Fiqih, Syaikh Abdurrozzaq Al-Badr menjelaskan dampak dari kebiasaan menunda pekerjaan. "Jika pekerjaan hari ini tidak selesai, maka pekerjaan akan menumpuk bersama dengan tugas-tugas hari esok dan membuatnya semakin berat untuk dikerjakan," ujar Syaikh.

BACA JUGA:6 Tanda Anda Bukan Pemalas, Melainkan Lelah secara Mental, Berikut Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Selain Pemalas, Berikut 14 Sifat Suami yang Tidak Pantas Dipertahankan Menurut Islam

Salah satu cara untuk menghindari penumpukan pekerjaan adalah dengan menyelesaikan setiap tugas tepat waktu.

Pekerjaan yang diselesaikan tepat waktu akan memudahkan kita untuk fokus menyelesaikan tugas dan tanggung jawab di hari berikutnya.

Disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan setiap hari dan tidak menundanya akan memberikan dampak positif dalam hidup.

Dampak positif yang dirasakan dalam jiwa adalah ketenangan, tanpa perasaan cemas dan gelisah. Sebaliknya, menunda pekerjaan akan menyebabkan penumpukan tugas dari hari ke hari, membuatnya semakin sulit diselesaikan.

BACA JUGA:Cerita Unik Burung Kedasih, Pemalas dan Diyakini Memiliki Ajian Pemikat, Hasilkan Minyak Sekuntit

BACA JUGA:Mau Uang Tanpa Bersusah Payah? Simak 5 Ide Bisnis untuk Kaum Pemalas

Kebiasaan buruk menunda pekerjaan bisa menyebabkan stres pada jiwa dan pikiran, yang pada akhirnya mengganggu kesehatan jasmani dan rohani.


malas bekerja bisa mendatangkan penyakit--freepik.com

Stres berlebihan dapat memicu berbagai penyakit seperti insomnia, sakit kepala, depresi, gangguan kecemasan, hipertensi, gangguan irama jantung, diare, masalah lambung, dan membuat kita rentan terhadap penyakit lainnya.

Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk pekerjaan lain justru terbuang sia-sia untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Oleh karena itu, penting untuk mengatur waktu dengan baik dalam rutinitas sehari-hari agar hidup lebih seimbang dan disiplin.

Kategori :