Misteri Struktur Batu GORNAYA SHORIA di Siberia, Benarkan Disusun Alien?

Kamis 01-08-2024,19:03 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Ketika berbicara mengenai penemuan megalitik terbesar di dunia, yang pertama kali terbayang mungkin batu monolit di kuil Baalbek atau monolit "The Pregnant Woman" yang hingga kini masih mengundang rasa penasaran besar para peneliti.

Namun perlu diketahui, ada megalitik lain yang jauh lebih besar dibanding kedua batu tersebut yakni situs Gornaya Shoria di Siberia yang disebut-sebut disusun oleh alien. 

Situs ini dipercaya merupakan susunan megalit terbesar di dunia saat ini. Monolit di situs megalitik ini memiliki ukuran dua hingga tiga kali lebih besar dibandingkan monolit lain yang pernah ditemukan.

Karena Situs megalitik Gornaya Shoria yang berada di Siberia, Rusia, memancing rasa penasaran besar, terutama karena banyak sisi misteriusnya yang belum terungkap.

BACA JUGA:Keren Broo, 12 Stadion Megah dan Terbesar di Indonesa Ini Layak Untuk Piala Dunia

BACA JUGA:15 Sapi Terbesar di Dunia, Ada yang Beratnya 2 Ton, Cocok Untuk Kurban Nih

Pertanyaan apakah susunan formasi batu yang begitu besar tersebut buatan manusia, alam, atau bahkan alien?

Meskipun para ahli meyakini Gornaya Shoria sebagai monumen batu terbesar yang dibuat dan dipindahkan oleh manusia, banyak yang meragukan pernyataan tersebut.

Menilik ukuran formasi batu megalitik yang sangat besar dan lokasinya di atas gunung, mungkinkah manusia purba yang belum memiliki peradaban dan peralatan modern dapat memindahkan batu berukuran sangat besar?


Batu GORNAYA SHORIA di Siberia--raselnews.com

Situs megalitik Gornaya Shoria terletak di wilayah Gornaya Shoria atau Gunung Shoria di Oblast Kemerovo, Siberia Selatan, di kaki gunung ini, sekitar 8 km selatan dari Desa Orton.

Formasi batuan megalit yang membentuk situs megalitik ini mencakup area yang sangat luas, sehingga beberapa bagiannya membentuk punggung bukit hingga puncak Gunung Kuylyum. Menariknya, Gunung Kuylyum juga menjadi bagian dari kumpulan granit Kuylyum Surak yang berada di Pegunungan Shoria.

BACA JUGA:Pertanda Apa Ini? 15 Retakan Terbesar Pernah Melintasi Bumi, Para Ilmuwan Khawatir

BACA JUGA:Daftar Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?

Gunung Shoria terletak sekitar 1223 m di atas permukaan laut, sedangkan situs megalitik ini berada di ketinggian sekitar 700 m hingga 1200 m dari permukaan laut.

Ukuran megalit yang membentuk formasi situs megalitik ini sangat besar, dengan panjang sekitar 200 m dan tinggi 40 m. Situs tersebut tersusun dari batuan megalit dengan tinggi antara 5 hingga 7 m dan panjang 20 m, sedangkan beratnya mencapai 2000 hingga 3000 ton.

Berkat ukurannya yang sangat besar, situs megalitik Gornaya Shoria sering kali disebut sebagai "Stonehenge Rusia".

Penemuan situs ini relatif baru. Pada tahun 2014, Georgi Sidorov bersama 19 orang peneliti lain melakukan ekspedisi di Shoria, daerah terpencil di Rusia.

Kategori :