Mengapa Harga Emas Lebih Mahal Dibanding Tembaga, Baja, Aluminium? Berikut Sejarah dan Alasannya

Jumat 02-08-2024,20:10 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

Ketiga, emas adalah komoditas yang nilainya diakui secara global di seluruh dunia selama ribuan tahun. Hal ini didukung sifat dasar emas yang gampang dilebur, dibentuk, dan dipecah-pecah jadi mata uang logam.

Emas menjadi identitas bangsa yang menunjukkan kekuasaan kerajaan tertentu. Tidak seperti komoditas lain yang mungkin dianggap berharga di satu daerah, tapi tidak begitu populer di daerah lain, emas memiliki pengakuan yang luas.


Mengapa Harga Emas Lebih Mahal Dibanding Tembaga, Baja, Aluminium? Berikut Sejarah dan Alasannya--freepik.com

Dimulai sejak era Kerajaan Lidia sekitar 2.700 tahun yang lalu, Kerajaan Romawi di pesisir Laut Mediterania, Kesultanan Khilafah di Timur Tengah, era kerajaan di Cina, sampai era pelayaran penjelajah Eropa ke Benua Amerika, emas selalu jadi simbol kekayaan dan harta karun yang diburu sejak dulu, bahkan sampai era modern saat ini.

BACA JUGA:Dari 38 Provinsi di Indonesia, Tinggal Satu Provinsi Lagi yang Belum Kemasukan Beras Impor, Ini Nama Daerahnya

BACA JUGA:Krisis Beras di Indonesia Kian Nyata, Daerah Lubung Beras Indonesia Sudah Kemasukan Beras Impor, Ini Faktanya

Bahkan setelah era perbankan modern yang lebih mengutamakan kepraktisan dalam bentuk uang digital dan kertas, nilai emas ini sama sekali tidak dilupakan oleh masyarakat dunia.

Sampai di era modern saat ini pun banyak negara yang masih berlomba-lomba menambah cadangan emas negaranya untuk bisa meredam risiko penurunan daya beli mata uang negaranya akibat inflasi dan juga depresiasi terhadap mata uang negara lain.

Beberapa negara besar memiliki cadangan emas terbesar di dunia.

Menariknya, di era modern saat ini emas tetap punya peran penting dalam dunia ekonomi, khususnya sebagai komoditas pelindung nilai dan juga aset kasas yang terpercaya sebagai bentuk diversifikasi investasi.

BACA JUGA:Sungai di Jawa Timur Ini Simpan Harta Karun, Ada Tumpukan Emas Bernilai Miliaran, Ini Nama Sungainya

BACA JUGA:Bukit Kumbang di Bengkulu, Simpan Ratusan Kilo Emas Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Ini Lokasinya

Namun jika Anda membeli emas untuk investasi atau buat menjaga nilai aset hal yang paling penting yang perlu Anda pahami adalah harga emas cenderung berfluktuasi dalam jangka pendek.

Kategori :