Gula Jenis Ini Baiknya Tak Dikonsumsi, Berbahaya Bagi Kesehatan

Jumat 04-10-2024,15:20 WIB
Reporter : Andri Irawan 01
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Kamu mungkin sudah tahu bahwa gula bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Tetapi tidak semua gula sama. Ada satu jenis gula yang paling berbahaya dan perlu dihindari.

Adalah fruktosa. Fruktosa adalah jenis gula yang paling berbahaya. Meskipun struktur kimianya mirip dengan glukosa (C6H12O6), fruktosa memiliki ikatan yang berbeda, yang membuatnya lebih sulit diolah oleh tubuh.

Kenapa fruktosa berbahaya?

BACA JUGA:Gula Merah atau Gula Pasir yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Pertama, gula jenis ini hanya bisa dimetabolisme di hati yang membuatnya lebih berisiko menyebabkan masalah kesehatan seperti fatty liver.

Pada era dulu, fatty liver umumnya disebabkan oleh konsumsi alkohol, namun sekarang fruktosa juga menjadi penyebab utama masalah ini.

Kedua, tidak semua sel bisa menggunakan fruktosa. Berbeda dengan glukosa, yang bisa digunakan oleh semua sel tubuh, fruktosa hanya bisa dimetabolisme oleh hati. Hal ini membuat fruktosa lebih sulit digunakan oleh tubuh.

BACA JUGA:Dari 5 Jenis Gula Ini, Nomor 3 Baiknya Dihindari, Indeks Glikemiknya Sangat Tinggi

Ketiga, menyebabkan hiperinsulinemia. Meskipun fruktosa tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah, ia dapat meningkatkan produksi insulin, yang pada akhirnya dapat menyebabkan resistensi insulin dan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas.

Sumber Fruktosa

Fruktosa dapat ditemukan baik dalam bentuk alami maupun sintetis.

BACA JUGA:Apel Hijau Efektif Menurunkan Kadar Gula Darah, Berikut Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

1. Sumber alami: Buah, madu, dan agave nectar.

2. Sumber sintetis: High-fructose corn syrup (HFCS) yang banyak ditemukan dalam produk seperti soda, jus buah, yoghurt minuman, dan makanan kemasan lainnya.

Cara Menghindari Bahaya Fruktosa

1. Jangan fokus pada kalori: Perhatikan jenis kalori yang dikonsumsi, bukan hanya jumlahnya.

2. Hindari makanan olahan ultra-proses: Fokuslah pada makanan segar dan hindari produk yang sudah banyak diproses dan tidak menyerupai bentuk aslinya.

BACA JUGA:Kopi + Gula Merah Memang Nikmat, Tapi Jangan Berlebihan! Ini Bahaya Konsumsi Gula Merah Berlebihan

3. Cek kesehatan secara rutin: Selalu konsultasikan hasil tes laboratorium dan kesehatan dengan dokter untuk menyesuaikan pola makan yang tepat.

Fruktosa mungkin terdengar tidak berbahaya karena tidak meningkatkan gula darah secara langsung, namun efek jangka panjangnya sangat merugikan tubuh. Tetap perhatikan konsumsi makanan dan cek kesehatan secara berkala. (**)

Kategori :