Beternak Ayam Kampung atau Ayam Ras! Mana yang Menguntungkan

Rabu 16-10-2024,12:13 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

Nutrisi ayam ras bergantung pada kualitas pakan yang diberikan, sehingga jika diberi pakan berkualitas, ayam ras juga bisa mengandung vitamin yang baik, namun biasanya lemaknya lebih tinggi.

BACA JUGA:Shio Paling Beruntung Minggu Ini, Shio Ular Dapat Peluang Besar, Shio Ayam Kebanjiran Rezeki

BACA JUGA:Jualan Apa yang Laris di Kampung? Berikut 5 Ide Usaha Rumahan yang Banyak Dicari Tetangga

Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Ras dari Segi Ekonomi

Dari segi ekonomi, ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara ayam kampung dan ayam ras. Karena pertumbuhannya lebih lama dan biaya pemeliharaannya lebih tinggi, harga ayam kampung di pasaran lebih mahal.

Harga daging ayam kampung bisa dua hingga tiga kali lipat dibandingkan ayam ras. Namun, karena banyak yang lebih suka daging ayam kampung untuk acara-acara khusus, permintaannya tetap stabil.

Sedangkan ayam ras harganya lebih murah karena bisa diproduksi dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Hal ini membuatnya menjadi pilihan utama untuk produksi massal di restoran, katering, atau pasar modern.

BACA JUGA: Peluang Usaha Setelah Pensiun Ini Cukup Menjanjikan, Hemat Tenaga Hasil Memadai

BACA JUGA:10 Ide Usaha untuk Pensiunan Muda Menuju Kemerdekaan Finansial

Ayam ras juga lebih mudah dipasarkan karena ketersediaannya yang selalu ada.

Ada juga perbedaan fungsi utama antara ayam kampung dan ayam ras, tergantung dari tujuannya. Ayam kampung sering kali dipelihara untuk dua fungsi, yaitu daging dan telur.

Mereka adalah tipe ayam dwiguna, yang artinya bisa menghasilkan telur dan daging berkualitas. Sedangkan ayam ras dibagi menjadi dua jenis, yaitu broiler dan layer.


Menguntungkan beternak ayam kampung atau ayam ras-istimewa-raselnews.com

Broiler dipelihara untuk produksi daging, sementara layer dipelihara untuk produksi telur. Ayam ras petelur bisa menghasilkan telur dalam jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan ayam kampung.

Jadi, mana yang lebih baik antara ayam kampung atau ayam ras? Jawabannya tergantung kebutuhan kalian.

BACA JUGA:6 Ide Usaha di Teras Rumah, Modal Kecil, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

BACA JUGA:Sudah Pensiun dari Perusahaan Swasta? Inilah 3 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan

Ayam kampung lebih cocok bagi kalian yang mencari daging berkualitas tinggi dengan rasa yang lebih gurih, tekstur yang lebih padat, dan ingin asupan gizi yang lebih alami.

Sedangkan ayam ras lebih cocok untuk produksi daging atau telur dalam jumlah besar dengan harga yang lebih terjangkau dan waktu pemeliharaan yang lebih singkat.(**)

Kategori :