Mau Beli Motor Matic Ini? Baiknya Pikir 2 Kali, Kantong Anda Dijamin Jebol

Jumat 18-10-2024,16:23 WIB
Reporter : Andri Irawan 01
Editor : Andri Irawan 01

RASELNEWS.COM - Motor matic menjadi pilihan saat ini. Mulai dari para orangtua, mahasiswa hingga pelajar. Penggunaannya yang mudah diaplikasikan menjadi alasan utama.

Namun bagi Anda yang ingin membeli skuter matic, baiknya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Selain harga, penggunaan bahan bakar minyak (BBM) harus menjadi penentuan.

Jangan sampai, motor matic yang dibeli justru membuat kantong jebol karena boros akan BBM. Nah berikut ini beberapa sepeda motor matic yang terkenal boros 'minum' BBM.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Mobil MPV Matic Bekas Murah untuk Harian, Harga di Bawah 80 Juta

BACA JUGA:Mobil MPV Matic RWD Bekas Murah, Cuma Rp 80 Jutaan, Jarang Masuk Bengkel!

1. Yamaha Mio 115 cc

Salah satu skuter matic yang terkenal boros bensin adalah Yamaha Mio 115 cc, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Mio Sporty atau Mio Smile.

Motor ini adalah generasi pertama dari Yamaha, yang resmi diluncurkan pada tahun 2005. Saat pertama kali diluncurkan, Yamaha Mio Sporty ini mendapatkan banyak penggemar.

Namun, setelah diketahui bahwa motor ini boros bensin, popularitasnya mulai menurun. Meskipun begitu, dari segi spesifikasi lainnya, motor ini cukup andal, sehingga banyak dicari oleh kolektor untuk direstorasi dan dijual kembali, atau sekadar sebagai hobi.

BACA JUGA:Yamaha Mio M3 Tetap Eksis, Motor Matic Termurah di Tahun 2024

BACA JUGA:Bukan Matic Biasa! Yamaha NMAX Generasi 2 Edisi Spesial Ini Bikin Terpukau

2. Suzuki Spin

Motor matic yang boros bensin berikutnya datang dari merek Suzuki, yaitu Suzuki Spin. Motor ini merupakan salah satu motor matic pertama yang dikeluarkan oleh Suzuki untuk bersaing dengan Yamaha dan Honda di pasaran.

Suzuki Spin pertama kali rilis pada tahun 2006. Berbeda dengan Yamaha Mio Sporty, motor matic ini kurang diminati sejak awal peluncurannya.

Salah satu alasannya adalah rendahnya antusiasme masyarakat terhadap motor matic saat itu, ditambah lagi dengan konsumsi bahan bakar Suzuki Spin yang boros. Karena peminatnya sedikit, Suzuki akhirnya menghentikan produksi motor matic ini.

BACA JUGA:Saingi Yamaha Fazzio dan Honda Genio, Suzuki Kenalkan Matic di IMOS 2024

BACA JUGA:Motor Matic Kymco KRV 180i Segera Mengaspal di Indonesia

3. Vespa Sprint

Vespa Sprint hadir di pasaran dengan harga sekitar Rp 43 juta rupiah dan dilengkapi dengan mesin berkapasitas 150 cc.

Motor ini mengusung desain klasik yang menarik. Namun, sayangnya harga yang tinggi tersebut tidak seimbang dengan efisiensi bahan bakarnya.

Vespa Sprint hanya mampu menempuh jarak 32,5 km per liter, menjadikannya salah satu motor matic yang boros bensin.

4. Honda Vario 110 cc Generasi Pertama

BACA JUGA:FDR Luncurkan 2 Varian Ban Baru untuk Skuter Matic Premium, Segini Harga Jualnya

BACA JUGA:Meski Mahal, Motor Matic Mesin 150-160 CC Tetap Laku di Pasaran! Ini Alasannya

Honda juga memiliki motor matic yang boros bahan bakar, yaitu Honda Vario 110 cc generasi pertama. Motor ini hanya mampu menempuh jarak 40 km per liter dengan bahan bakar Pertamax.

Meskipun lebih irit jika dibandingkan dengan Vespa Sprint, Yamaha Mio Sporty, atau Suzuki Spin, Vario 110 cc ini termasuk boros jika dibandingkan dengan motor matic Honda lainnya.

Seiring waktu, motor ini kehilangan popularitas karena konsumsi bahan bakarnya yang tidak efisien, terutama saat harga bahan bakar terus naik.

BACA JUGA:Spesifikasi QJMotor Fort 250, Matic Bongsor Penantang Honda Forza dan Yamaha XMAX

BACA JUGA:Matic Paling Sexy Tahun 2024! Desain Indonesian Style, Tenaga Buas, Tampang Sangar

Kategori :