Empat Kabupaten Miliki Sekolah Ramah Anak

Empat Kabupaten Miliki Sekolah Ramah Anak

BENGKULU - Baru empat kabupaten di Provinsi Bengkulu memiliki sekolah ramah anak (SRA). Dengan adanya sekolah ramah anak itu, Provinsi Bengkulu terpilih sebagai Pilot Project SRA se - Indonesia dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Fasilitator Nasional (Fasnas) Sekolah Ramah Anak Provinsi Bengkulu Maulida Suryani mengatakan, empat Kabupaten itu adalah Kepahiang, Seluma, Rejang Lebong dan Mukomuko. "Keaktifan provinsi Bengkulu dalam merespon program yang diluncurkan Kemen PPA menjadikan Bengkulu sebagai pilot project SRA se Indonesia," kata Maulida.

Menurutnya, SRA adalah Program yang digagas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk menghadirkan jaminan agar hak-hak anak terpenuhi, bebas kekerasan, baik kekerasan fisik maupun kekerasan seksual serta jauh dari kekerasan diskriminasi bullying, dan tindakan menyimpang lainnya.

SRA akan dibentuk mulai dari jenjang PAUD Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA. Saat ini, kata Maulida, tengah dirancang agar SRA dapat terbentuk pada 23 sekolah dari berbagai jenjang yang ada di 5 kabupaten/kota. "Hal ini akan diupayakan bersama Dinas PPA Provinsi dan kab/kota untuk mensosialisasikan SRA, sehingga seluruh kabupaten/kota memiliki SRA," katanya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mendukung pembentukan SRA di seluruh Kabupaten/Kota. "Nanti perlu dikoordinasikan ke seluruh Kabupaten/kota agar sekolah ramah anak dapat terwujud di seluruh daerah," demikian Rohidin. (cia)

Sumber: