DBD Mengintai, Warga Kaur Diminta Waspada

DBD Mengintai, Warga Kaur Diminta Waspada

RASELNEWS.COM, KAUR - Masyarakat Kabupaten Kaur diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan peningkatan penyakit lain ditegah pandemi. Selain Covid-19, demam berdarah dengue (DBD) juga harus diwaspadai. Mengingat, curah hujan yang terus mengguyur wilayah Kaur berpotensi menimbulkan penyakit DBD. "Selain Covid, seiring dengan musim penghujan ini kita harus waspadai penyakit lain seperti DBD yang juga dapat merenggut nyawa bila tidak cepat tanggap,” kata Kepala Dinkes Kaur Azwar, S. Sos, Kamis (4/11).

Dikatakannya, potensi perkembangan nyamuk menjadi lebih banyak. Untuk itu mengimbau masyarakat di wilayah Kaur untuk lebih peduli dalam menerapkan budaya hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit musim penghujan. Sebab dengan pengasapan hanya efektif pada nyamuk aedes aegypti dewasa, sementara jentik-jentik nyamuk tak terpengaruh dengan pengasapan. “Jadi tidak cukup dengan foging, harus dibarengi dengan menjaga kebersihan lingkungan dan pemberian abate ke tempat-tempat penampungan air,” terangnya.

Ditambahkan Azwar, guna mengantisipasi penyakit lain selama musim hujan, Dinkes Kaur bersama pihak Puskemas terus meningkatkan peran masyarakat dalam kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menguras, mengubur dan mendaur ulang (3M). "Karena kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, peran kader jumantik yang biasanya secara rutin dan berkala melakukan pemeriksaan jentik di rumah warga, maka saat ini diharapkan pemantauan jentik di rumah dilakukan oleh penghuni rumah sendiri,” tutupnya.(jul)

Sumber: