HUT ke 73 Bengkulu Selatan : Pentas Seni, Hiburan Hingga Santunan Sosial

HUT ke 73 Bengkulu Selatan : Pentas Seni, Hiburan Hingga Santunan Sosial

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pentas seni, hiburan hingga santunan sosial akan memeriahkan HUT ke 73 Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) pada 8 Maret 2022. Kegiatan ini telah disusun Pemkab BS bersama Panitia HUT BS.

Tahun ini perayaan HUT BS akan dikemas lebih meriah meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19. Apalagi sudah dua tahun terakhir perayaan HUT BS selalu dilaksanakan dengan sangat sederhana dan terbatas, tanpa ada kegiatan yang mengerahkan massa.

Berbeda dengan tahun ini, perayaan HUT BS akan dikemas semeriah mungkin dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat. Mengusung tema "Dengan Semangat CINTA (Cerdas, Integritas, Inovatif, Tauladan dan Agamis), Kita Wujudkan BS EMAS Melalui Pembangunan Ekonomi Daerah yang Berdaya Saing Tinggi" diharapkan kemeriahan HUT BS dapat dirasakan masyarakat.

Dalam arahannya, Plt Sekkab BS Sukarni Dunip M.Si mengatakan beberapa rencana kegiatan yang akan digelar sudah disiapkan panitia. Bagi yang belum menyampaikan rencana kegiatan, diminta segera berkoordinasi dengan panitia kabupaten.

Setiap kegiatan diserahkan kepada OPD teknis dan panitia pelaksana. Terlebih di masa pandemi Covid-19, kegiatan yang dilakukan harus tetap memedomani protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Untuk masing-masing seksi kegiatan dan OPD segera melaporkan kegiatan ke panitia besar. Karena diharapkan tahun ini HUT dirayakan lebih meriah, dari dua tahun terakhir. Namun tetap harus memedomani prokes yang ketat,” tegas Sukarni.

Untuk beberapa kegiatan yang sudah difinalkan. Di antaranya lomba tari andun pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK sederajat yang dilaksanakan pada 2 Maret 2022 di aula Dinas Dikbud BS. Lalu aneka perlombaan umum yang dilaksanakan pada 7 Maret 2022 di Transmigrasi Batu Ampar Kedurang.

Ada juga pengobatan, vaksinasi Covid-19, sunatan massal dan santunan sosial maupun pembagian sembako kepada masyarakat. Selain itu juga akan ada pentas seni budaya, bazar dan expo UMKM pada 8 Maret 2022 di lapangan Sekundang Setungguan. Rangkaian terakhir, akan ada malam syukuran HUT BS di Balai Sekundang Setungguan.

“Untuk semua rangkaian pelaksanaan kegiatan, mengingat masih dalam masa pandemi, tentunya harus menerapkan Prokes Covid-19 yang ketat. Terlebih untuk kegiatan yang ramai seperti hiburan rakyat atau hiburan malam dan bazar,” pesan Sukarni.

Sedangkan untuk pelaksanaan puncak acara, upacara dan rapat paripurna istimewa DPRD, Pemkab BS akan mengundang seluruh pemkab/pemkot di Provinsi Bengkulu. Selain itu juga mengundang pemerintah daerah tetangga seperti Pemkot Pagaralam, Pemkab Lahat Provinsi Sumsel dan Pemkab Pesisir Barat Provinsi Lampung.

Turnamen

Sementara itu, Karang Taruna Sinar Pagi Desa Talang Padang Kecamatan Pino Raya berencana menggelar turnamen bola voli se Semaku (Seluma, Manna/BS, Kaur). Kegiatan dilaksanakan pada Jumat-Senin (25-28/2) di Sport Center Desa Talang Padang. Terdapat 64 klub peserta. Rinciannya, 52 klub voli putra dan 12 klub voli putri.

Bupati BS Gusnan Mulyadi yang membuka turnamen bola voli, mengaku terpukau dan mendukung kelancaran even olahraga tersebut. “Saya apresiasi penuh terlaksananya acara ini. Pegiatnya para pemuda dan juga disukseskan oleh para pemuda. Saya harap kegiatan ini terus berlanjut dan berperan dalam kemajuan olahraga bola voli,” ujar Gusnan.

Ditambahkan Kades Talang Padang Sumantri, A.Md, turnamen kali ini istimewa karena dibuka langsung oleh bupati. “Terima kasih pak Bupati telah hadir membuka acara kami. Jujur saya katakan, acara ini terselenggara berkat tekad dan kekompakan pemuda desa,” ujar Sumantri.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Sinar Pagi Desa Talang Padang, Yota mengaku ide turnamen akbar bola voli ini merupakan usulan yang disampaikan pemuda Desa Talang Padang untuk memeriahkan HUT BS. Turnamen ini juga akan menjadi ajang promosi wisata desa, khususnya di Desa Talang Padang.

“Semoga turnamen ini berjalan lancar. Kita buktikan bahwa pemuda mampu menjadi agen perubahan dan membawa ide kreatif bagi kemajuan daerah,” pungkas Yota. (one/rzn)

Rangkaian Kegiatan HUT BS: - Lomba Tari Andun (SMP/MTs dan SMA/SMK Sederajat) pada 2 Maret 2022 bertempat di aula Dikbud BS - Aneka Perlombaan Umum (Dewasa dan Anak) pada 7 Maret bertempat di Transmigrasi Batu Ampar Kedurang - Pengobatan, Vaksinasi, Sunatan Massal gratis pada 7 Maret - Santunan Sosial dan Pembagian Sembako pada 7 Maret di Balai Sekundang - Upacara Peringatan HUT BS ke-73 pada 8 Maret di Lapangan Sekundang - Rapat Paripuran Istimewa HUT ke-73 BS di DPRD pada 8 Maret di Setwan DPRD BS - Pentas Seni Budaya, Bazar dan Expo UMKM pada 8 Maret di Lapangan Sekundang - Jamuan HUT BS pada 8 Maret pukul 09.00 WIB di Balai Sekundang - Malam Syukuran HUT BS pada 8 Maret pukul 19.30 WIB bertempat di Balai Sekundang (sumber: panitia hut bs)

Sumber: