HUT ke-73 Bengkulu Selatan ; Tetap Sekundang Setungguan

HUT ke-73 Bengkulu Selatan ;  Tetap Sekundang Setungguan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ada pesan tersirat yang disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat berpidato di hadapan rapat paripurna istimewa HUT ke 73 Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) di DPRD BS, Selasa (8/3/2022).

Wabup BS periode 2010-2015 ini menutup kata sambutannya dengan sebuah pantun yang maknanya agar masyarakat dan unsur pemerintahan tetap menjaga prinsip Sekundang Setungguan (selalu kompak) sesuai slogan BS yakni Bumi Sekundang Setungguan.

“Ciptakan birokrasi yang sehat dan mencerahkan. Kemudian saya juga berpesan kepada anggota dewan agar turut memantau atau mengawasi realisasi dana desa, khususnya di dapil masing-masing. Bimbing kades dan perangkat merealisasikan dana desa agar sesuai manfaatnya dan tidak melenceng dari aturan,” kata Rohidin.

Rohidin juga meminta Pemkab BS memaksimalkan potensi yang dimiliki daerah. Misalnya pemanfaatan kawasan hutan, sektor industri, dan perumahan. Tujuannya untuk mendongkrak pertumbuhan daerah agar semakin berkembang dari semua sektor. “Manfaatkan betul ruang yang ada,” sambung Rohidin.

Gubernur Bengkulu dua periode yang merupakan putra asli BS ini juga menyampaikan konstribusi Pemprov Bengkulu untuk pembangunan BS. Tahun ini Pemprov mengalokasikan APBD Provinsi dan APBN ke BS.

Di antaranya peningkatan pembangunan Berendau Kutau, pembangunan jalan Masat-Gedung Agung, Nanjungan-Kembang Seri, Jembatan Selebang, pembangunan beberapa SMA/SMK, melanjutkan pembangunan Tebat Gelumpai, dan mendukung peningkatan ruas jalan akses BS-Tanjung Sakti atau perbatasan Bengkulu-Sumatera Selatan.

“Memang beberapa tahun terakhir alokasi anggaran berkurang karena adanya pandemi Covid-19. Tapi kami terus berupaya mendorong pembangunan di Bengkulu Selatan. Dengan adanya alokasi APBD Provinsi dan APBN tahun ini, diharapkan bisa membantu pembangunan infrastruktur di daerah kita ini,” ujar Rohidin.

Sementara itu, Bupati BS Gusnan Mulyadi mengatakan semangat HUT ke 73 BS menjadikan momentum untuk mewujudkan BS Elok Maju Aman dan Sejahtera (EMAS) berlandaskan CINTA BS. “Kita saling mendukung dan terus bersinergi membangunan daerah kita ini agar semakin terdepan,” kata Gusnan.

Gusnan juga memamerkan beberapa program yang diterapkannya. Seperti program berobat gratis, pendirikan gratis, SAKTI, komoditi jagung, dan program bupati ngantor ke desa. “Semua program yang dibuat akan direalisasikan untuk membantu masyarakat dan kemajuan daerah,” ujar Bupati.

Upacara

Sementara itu, momentum puncak peringatan HUT ke-73 Kabupaten Bengkulu Selatan dilakukan dengan upacara yang dilaksanakan di Lapangan Sekundang, Selasa (8/3). Setelah itu dilanjutkan dengan rapat paripurna DPRD BS, serta penampilan pentas seni budaya bimbang adat, bazar dan expo UMKM.

Bupati Gusnan Mulyadi bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT BS. Bupati berpesan agar masyarakat bisa terus mendukung pembangunan. Tak kalah penting, masyarakat bisa menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Usia tujuh puluh tiga tahun itu usia yang sudah cukup matang. Dari itu kita selalu berharap Bengkulu Selatan yang kita cintai ini bisa terus menjadi EMAS (elok, maju, aman dan sejahtera),” pungkas Bupati.

Pernyataan Bupati tentu sejalan dengan tema HUT BS tahun ini "Dengan Semangat Cinta (cerdas, integritas, inovatif, tauladan dan agamis) kita wujudkan Bengkulu Selatan EMAS (Elok, Maju, Aman dan Sejahtera) melalui pembangunan ekonomi daerah yang berdaya saing tinggi”.

Selain itu, Gusnan menyebut pandemi Covid-19 masih terus menghantui warga BS. Karena itu Bupati berharap tidak ada pengabaian protokol kesehatan (prokes) selama masa pandemi Covid-19.

"Kami tegaskan agar kita selalu mengedepankan kesehatan. Oleh karena itu prokes Covid-19 menjadi keharusan," tegas Gusnan.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah menyampaikan HUT ke-73 BS menekankan dua momentum penting. Perayaan HUT memiliki nilai strategis dan bukan hanya milik jajaran pemerintah, tapi milik seluruh lapisan masyarakat.

"Melalui HUT kabupaten seperti ini, sebagai momentum untuk mendengarkan saran dan pandangan dari seluruh lapisan masyarakat. Yang disampaikan secara baik dengan bahasa konstruktif, produktif dan membangun demi kemajuan daerah," pungkas Rohidin.

Selain dihadiri Gubernur, kegiatan HUT BS ke-73 Kabupaten Bengkulu Selatan juga dihadiri sejumlah tamu undangan. Di antaranya Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin, Anggota DPR RI, Hj. Elva Hartati Murman, Bupati Kepahiang, Wabup Seluma, Wabup Lebong, Wabup Lahat, Wadir Lantas Polda Bengkulu, sejumlah pejabat Pemprov Bengkulu serta mantan Bupati BS dan tamu undangan lainnya. (gio/one)

Sumber: