Sawah Desa Jadi Lumbung Beras

Sawah Desa Jadi Lumbung Beras

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sawah Desa jadi lumbung beras. Ini diterapkan pemerintah Desa Suka Bandung Kecamatan Air Nipis dengan berinovasi menciptakan sumber daya ketahanan pangan. Lahan sawah desa seluas 0,3 hektar dibuat produktif, sehingga menjadi lumbung beras.

“Kami memiliki aset berupa lahan sawah di dekat kantor desa. Sawah itu terus digarap secara rutin oleh pemerintah desa sehingga lahannya produktif,” kata Kades Suka Bandung, Asiun. Dalam sekali panen, lahan sawah Pemdes Suka Bandung menghasilkan tiga pikul atau belasan kaleng beras.

Beras yang dihasilkan digunakan untuk konsumsi kegiatan di desa. Dan ada juga yang dijual, hasil penjualan beras masuk sebagai pendapatan asli desa (PAD). “Kalau ada acara desa, beras yang dimasak adalah beras hasil sawah itu. Kadang kalau masih lebih, berasnya dijual,” ujar Asiun.

Diakui Asiun, lahan sawah sangat bermanfaat untuk desa. Adanya lahan tersebut bisa menghemat pengeluaran desa untuk konsumsi, bahkan juga menambah PAD. Atas dasar itulah, sawah tersebut terus digarap, tidak dibiarkan menjadi lahan tidur. (yoh)

Sumber: