Diskominfotik Provinsi Bengkulu Raih Predikat Best Question

Diskominfotik Provinsi Bengkulu Raih Predikat Best Question

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) Provinsi Bengkulu terpilih sebagai the Best Question. Ini setelah Diskominfotik mendapat skor tertinggi penilaian Indeks Inovasi Daerah dari Kemendagri RI. Penghargaan diumumkan pada rapat koordinasi (rakor) Satu Data Indonesia (SDI), Kamis (17/3/2022).

Plt. Kadis Kominfotik Sri Hartika, M.Si mengatakan penyelenggaraan SDI di Provinsi Bengkulu sudah masuk dalam kategori baik. “Jadi untuk Provinsi Bengkulu Penyelenggaraan SDI bisa dikatakan sudah lebih baik dari daerah lain,” tegas Sri, Jumat (18/3).

Provinsi Bengkulu telah memiliki regulasi dengan terbitnya Pergub SDI Provinsi Bengkulu. Termasuk upaya Diskominfotik Provinsi Bengkulu dalam mendorong Pemkab/Pemkot untuk membuat kebijakan serupa.

Kebijakan lainnya, kolaborasi antara Dinas Kominfotik dan Bappeda Provinsi Bengkulu membentuk Forum Data Provinsi Bengkulu. “Koordinator dan sekretariatnya di Bappeda. Kominfotik selaku walidata kemudian perangkat daerah lainnya selaku produsen data dan walidata pendukung,” katanya.

Selain itu, Kominfotik Provinsi Bengkulu juga sudah melakukan pengumpulan data sektoral setiap tahunnya dari OPD selaku produsen data. Data tersebut diolah dan dikompilasi menjadi Buku Data Sektoral Provinsi Bengkulu yang terbit setiap tahun, melalui Rekomendasi Badan Pusat Statistik terlebih dahulu.

"Sekarang sudah tersedia secara online. Kominfotik Provinsi Bengkulu juga telah memiliki aplikasi berbasis website yaitu Aplikasi e-Statistik dengan alamat web statistik.bengkuluprov.go.id,” pungkasnya. (cia)

Sumber: