Serapan Anggaran Rendah, Dewan Soroti Kinerja Eksekutif

Serapan Anggaran Rendah, Dewan Soroti Kinerja Eksekutif

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ketua Komisi III DPRD BS, Dodi Martian, S.Hut, MM menyesalkan masuknya BS dalam daftar daerah dengan serapan anggaran rendah berdasarkan data Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Bengkulu Selatan masuk wilayah dengan realisasi anggaran hanya 5,70 persen per 31 Maret 2022. “Sangat disayangkan, kita (Kabupaten Bengkulu Selatan) masuk dalam daftar daerah yang serapan anggarannya rendah. Hal itu menandakan jika kinerja perangkat di daerah tidak maksimal. Apalagi ini sudah masuk triwulan dua tahun anggaran,” sesal Dodi.

Seharusnya, sambung Dodi, OPD mempercepat pembentukan perangkat kerja seperti PPK, PPTK dan KPA. Sehingga kegiatan cepat berjalan, serapan anggaran pun dapat terealisasi dengan baik.

“Peran Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) juga harus lebih maksimal. Perlu dipantau realisasi anggaran,” ujar Dodi.

Disampaikan Legislator Partai Golkar ini, memasuki triwulan kedua 2022, seharusnya serapan anggaran sudah tinggi. Sebab pengesahan APBD dilakukan tepat waktu, tidak ada alasan eksekutif selaku eksekutor kegiatan molor dalam menjalankan anggaran.

“Seharusnya sejak awal tahun perangkat kerja sudah dibentuk. Sehingga semua kegiatan yang sudah diakomodir dapat direalisasikan segera. Tidak ada pekerjaan molor yang membuat serapan anggaran rendah,” tutup Dodi. (yoh)

Sumber: