Jembatan Gantung Tak Mampu Menahan Beban Putus: Minibus Terjun, Dua Tewas

Jembatan Gantung Tak Mampu Menahan Beban Putus: Minibus Terjun, Dua Tewas

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Jembatan gantung di Desa Suka Bandung Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Rabu (20/4) siang, putus. Akibatnya, mobil minibus Mitsubishi Canter BH 7845 FU, yang dikemudikan Niko (33), warga Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Seginim, terjun bebas ke Sungai Air Nipis.

Dua penumpang bus, Mahira (6) warga Desa Penandingan, dan Silas (35) warga Desa Suka Rami Kecamatan Air Nipis, dinyatakan meninggal dunia.

Sementara sopir mobil, mengalami sesak napas dan dirujuk ke RSHD Manna. Lima penumpang serta seorang kernet mengalami cidera di beberapa bagian tubuh, hingga juga harus mendapat perawatan medis.

Informasi dihimpun Rasel, peristiwa sekitar pukul 13.50 WIB itu berawal ketika mobil melaju dari arah Simpang Babatan menuju Desa Penandingan. Mereka terpaksa melewati jembatan gantung yang merupakan akses menuju Desa Penandingan.

Mobil bus yang membawa delapan penumpang, serta sopir dan satu orang kernet ini membawa muatan cukup banyak. Apalagi penumpangnya rerata baru pulang dari kebun di Provinsi Jambi. Ketika roda mobil melaju di awal jembatan, kondisi mobil goyang.

Namun badan jembatan masih sanggup menahan beban mobil. Namun di penghujung jembatan, berjarak sekitar 10 meter, besi penyanggah jembatan ambruk, lantai jembatan pun berserakan. Badan mobil terjun bebas ke sungai. Penumpang yang ada di dalam mobil panik dan ketakutan.

“Dua orang penumpang meninggal dunia di TKP, kemungkinan karena terhimpit saat mobil jatuh. Sedangkan penumpang lain berhasil dievakuasi ke Puskesmas Darat Sawah, dan ada yang dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis,” kata Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Seginim, Iptu Kusyadi, SE, M.Si.

Informasi sementara, penyebab kecelakaan tragis itu disebabkan badan jembatan tidak kuat menahan beban kendaraan, hingga jembatan putus dan mobil jatuh ke bawah. “Kejadian ini murni kecelakaan. Dikarenakan badan jembatan tidak seimbang dengan beban mobil yang melintas,” terang Kapolsek. (yoh)

Daftar Korban Jembatan Putus

1.Niko; Sopir (sesak napas) 2.Semsi; Penumpang (memar) 3.Mahira; Penumpang (meninggal dunia) 4.Yupi; Penumpang (memar) 5.Silas; Penumpang (meninggal dunia) 6.Mihar; Penumpang (patah bahu) 7.Yopi; Kenek (luka kaki) 8.(Suami Mihar);  Penumpang (luka punggung) 9.(Suami Silas); Penumpang (luka mata)

Sumber: