Hewan Ternak Meresahkan, Camat : Catat Pemiliknya!

Hewan Ternak Meresahkan, Camat : Catat Pemiliknya!

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Keberadaan hewan ternak liar terutama sapi, sudah sangat meresahkan warga di Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Tak hanya merusak tanaman pekarangan dan perkebunan milik warga, ternak juga merusakan fasilitas umum dan mengotori halaman rumah serta mengancam keselamatan para pengendara.

Camat Pino Hendri Farizal, SE, M.Ak bahkan sampai menginstruksikan seluruh pemerintah desa (Pemdes) di Kecamatan Pino agar melakukan pendataan pemilik ternak liar. Pemilik ternak liar yang terdata akan dibina dan disanksi karena dianggap lalai dengan hewan peliharaan mereka.

“Kami sudah mendapat banyak laporan dan aduan masyarakat. Banyaknya ternak liar yang dilepas di pekarangan rumah atau fasilitas umum. Makanya saya instruksikan Pemdes agar segera data pemilik ternak tersebut, supaya bisa ditertibkan,” tegas Camat.

Persoalan ternak liar yang terus-terusan dilepas oleh pemiliknya, harus ditangani dengan tegas. Camat meminta Pemdes membuat peraturan desa (Perdes) dan menerapkannya kepada pelanggar agar memberi efek jera.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Satpol-PP untuk melakukan razia rutin di wilayah Kecamatan Pino. Jika terus dibiarkan, warga akan semakin resah, belum lagi membahayakan pengendara di jalan raya,” tegas Camat lagi.

Terpisah, Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar BS Erwin Muchsin, S.Sos menyatakan siap mendukung dan melakukan operasi rutin penertiban hewan ternak di wilayah Kecamatan Pino. “Kalau kami, selalu siap kapanpun dan dimanapun. Tapi kami harap desa juga melakukan tindakan dengan penerapan Perdes terkait ternak liar ini,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: