Disdikbud Dapat 124 Paket DAK Pendidikan 2023

Disdikbud Dapat 124 Paket DAK Pendidikan 2023

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kepala Dikbud Bengkulu Selatan (BS), Novianto, S.Sos, M.Si menyebut ada 120 paket dana alokasi khusus (DAK) pendidikan 2023 yang akan diterima BS.

Rinciannya 12 paket DAK TK, 79 paket SD serta 33 paket SMP. Sejumlah paket itu akan dianggarkan melalui DAK Fisik senilai Rp 98 miliar.

“Untuk realisasi (paket DAK) tahun depan, rancangannya pertengahan tahun. Dari banyak paket DAK yang diterima, ada pembangunan gedung sekolah, rehab wc, rehab ruang kelas, pengadaan meubeler dan paket pekerjaan lainnya,” ujar Novianto.

Jika dibanding 2022, jumlah paket DAK fisik yang diterima mengalami kenaikan signifikan. Tahun ini, Disdikbud BS hanya menerima 14 paket DAK dengan anggaran Rp 16,5 miliar. Kenaikan anggaran didasari banyaknya fasilitas sekolah yang sudah tidak layak.

Sekolah dengan kondisi bangunan dan struktur fisik yang mengalami kerusakan di atas 40 persen akan diprioritaskan sebagai penerima DAK. Data sekolah akan dilihat dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Suvei awal telah dilakukan, hasilnya juga harus dipelajari terlebih dahulu. Sehingga tingkat kelayakan realisasi bantuan betul-betul tepat sasaran. Mungkin akhir tahun nanti, sudah bisa ditentukan sekolah mana saja yang akan menerimanya,” sambung Novianto.

Untuk itu, Novianto mengingatkan operator sekolah agar tidak salah menginput data kondisi sekolah. Sedikit saja terjadi kekeliruan, akan memengaruhi dapat atau tidaknya paket pembangunan.

“Yang menentukan ke mana paket tersebut berlabuh adalah orang pusat secara langsung. Mereka (Kemendikbudristek) akan melihat kondisi real sekolah berdasarkan data yang diinput. Kami sifanya hanya mendampingi dan perpanjangan tangan, jadi tergantung kondisi sekolah,” tuntasnya. (rzn)

Sumber: