Kominfo Dorong Digitalisasi Sekolah dan Desa

Kominfo Dorong Digitalisasi Sekolah dan Desa

Digitalisasi--

RASELNEWS.COM, KAUR - Dinas Kominfo SP Kaur, terus melakukan bergai upaya untuk mendorong upaya digitalisasi dalam setiap lini. Baik ditingkat sekolah maupun desa. Saat ini Kominfo mendorong  desa untuk berubah ke sistem digital.

Kepala Diskominfo SP Kaur, M Jarnawi M.Pd mengatakan, untuk digitalisasi sekolah pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kaur serta Pengurus MKKS dan K3S melakukan peningkatan aktivasi akun belajar.id dan tentunya akan secara masif yang saat ini masih 25% guru dan siswa yang mengaktifkan akun belajar.id.

"untuk itu kita dorong sekolah bukan hanya aktivasi tetapi memanfaatkan akun belajar.id dalam pembelajaran apalagi sekolah penerima bantuan laptop chromebook yang nanti sekolah membranding sekolahnya dengan slogan PAPERLESS and BOARDLESS," ujar Jarnawi.

Jarnawi mengaku pihaknya membutuhkan dorongan bersama supaya sekolah bisa melakukan perubahan dari kebiasaan lama ke kebiasaan baru. Apalagi saat ini sudah banyak sekolah yang memiliki sarana memadai dan tidak ada kendala dengan sinyal internet. “Belum lama ini kami mendatangi beberapa SMP salah satunya yakni SMPN 8 Kaur," ujarnya.

Sementara itu untuk mendorong realisasi Desa Digital, Diskominfo bekerja sama dengan Dinas PMD Kaur, Jumat (24/6) kedua belah pihak menggelar sosialisasi Bersama Asosiasi Perangkat Desa Indoensia (APDESI) Kaur.

Sosialisasi Digides platform digital yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan administrasi, integrasi data dan pelayanan masyarakat desa. Selain kepala Diskominfo hadir juga Sektretaris Dinas PMD Salianuddin, S.H, Kabid Kawasan Dinas PMD Hanum dan perwakilan APDESI dari masing-masing Kecamatan di Kabupaten Kaur. “Dengan digides, ada banyak hal yang dapat dibenahi pada sistem pemerintahan desa. Diantaranya adalah sistem pelayanan terpadu yang dapat diakses hanya melalui handphone, hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi pelayanan di desa," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas PMD Salianuddin SH menyampaikan apresiasinya atas partisipasi para perwakilan APDESI dalam sosialisasi kali ini. Ia mendorong dan mensuport kegiatan Kominfo agar secepatnya Digitalisasi desa dapat terwujud. “Kedepannya akan kita adakan sosialisasi lanjutan bersama dengan operator desa sekaligus melakukan trial penggunaan aplikasi Digides ini,” tutup Salianuddin. (jul)

Sumber: