Siapkan 1000 Dosis, Ratusan Sapi di Seluma Divaksinasi

Siapkan 1000 Dosis, Ratusan Sapi di Seluma Divaksinasi

Vaksin PMK. Penyakit mulut dan kuku ini mulai merambah ke Provinsi Bengkulu-Ahmad Fauzan-Sahri Senadi

RASELNEWS.COM, SELUMA - Dinas Pertanian Seluma menerima 1000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). Kemarin, sebanyak 200 ekor sapi sudah berhasil divaksinasi agar lebih kebal dari serangan PMK.

Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial mengatakan tim dari provinsi dan Kementerian Pertanian melaksanakan penyuntikan vaksinasi sapi yang berada di desa yang ditemukan PMK. Yakni Desa Talang Benuang dan Desa Sukasari Kecamatan Air Periukan.

"Vaksinasi sapi di kawasan tersebut untuk mengantisipasi penyebaran yang meluas. Karena saat ini tiga desa ini sudah terdapat sapi terjangkit PMK. Total ada 200 ekor sapi yang diberikan vaksinasi. Rinciannya, 100 ekor di Desa Talang Benuang, dan 100 ekor di Desa Sukasari Kecamatan Air Periukan," tegasnya.

BACA JUGA:Harga Kedelai Meroket Perajin Tempe di Bengkulu Selatan Menjerit

Arian mengaku telah mengerahkan seluruh tenaga PPL dan dokter hewan yang dimiliki Dinas Pertanian untuk memantau kondisi sapi yang terjangkit PMK. Apalagi penularan PMK terbilang tinggi. Dari awalnya ditemukan dua ekor, kemarin tercatat ada 33 ekor sapi yang terjangkit. Satu ekor ditemukan mati, 1 ekor dipotong paksa, dan 12 ekor sembuh.

"Sapi yang terjangkit PMK berada dalam Desa Lokasi Baru. Kini sudah dilakukan isolasi, serta para peternak untuk sementara ini tidak diperkenankan menjual sapinya keluar desa untuk mencegah penyebaran PMK lebih luas lagi," ujarnya.

Selain itu, Dinas Pertanian Seluma juga terus melakukan pemantauan terhadap hewan kurban sampai Hari Raya Idul Adha. Hal itu untuk memastikan hewan kurban yang dipotong bebas dari PMK. (rwf)

Sumber: dinas pertanian seluma