416 Warga Seluma Sakit Pasca Banjir

416 Warga Seluma Sakit Pasca Banjir

Pemeriksaan kesehatan warga pascabanjir di Kabupaten Seluma-Ahmad Fauzan-Ahmad Fauzan

RASELNEWS.COM, SELUMA - Sebanyak 416 warga seluma sakit pasca bencana banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Seluma, Kamis (30/6) lalu.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma melakukan pendataan dan pengobatan. Hasilnya ditemukan 416 warga yang mengeluhkan gejala sakit. Antaranya penyakit Gasteritis (asam lambung), dermatitis (penyakit kulit) dan demam disertai batuk pilek.

Kepala Dinkes Seluma Rudi Syawaludin mengatakan pelayanan kesehatan gratis sudah dilaksanakan. Semua keluhan masyarakat ditangani. Termasuk memberikan makanan khusus untuk anak anak.

BACA JUGA:Bencana Landa Enam Kabupaten di Bengkulu

"Tercatat 416 warga di Kabupaten Seluma yang sakit pasca bencana. Mayoritas masyarakat menderita demam disertai dengan flu dan batuk," kata Rudi kepada raselnews.com.

Dari 416 warga yang mengalami keluhan kesehatan. Sebanyak 141 warga yang menderita demam disertai flu dan batuk. Serta saat ini sudah diobati secara intensif oleh Dinas Kesehatan.

"Seluruh warga yang sakit sudah diberikan pengobatan. Kemudian, saat ini sebagian sudah sembuh serta dalam pemulihan. Tidak ada yang sampai dirawat khusus," jelas Rudi kemarin.

Saat ini Dinas Kesehatan menguras sumur milik masyarakat yang kotor akibat kemasukan luapan banjir. Mulai dari sumur warga yang berada di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) sampai wilayah Kecamatan Sukaraja.

"Untuk sumur milik masyarakat yang kotor akibat terkena banjir, kami lakukan pengurasan. Kemudian kami bagikan serbuk abate untuk 1.040 KK yang ada di Kabupaten Seluma dari 1.547 KK yang terdaftar dan terdampak akibat banjir saat ini," tambahnya.

Wilayah yang selama ini ditemukan kasus demam berdarah juga sudah difoging untuk membunuh nyamuk penyebab demam berdarah. (rwf)

Sumber: dinas kesehatan seluma