25 Ribu Warga Seluma Masih Hidup Miskin

25 Ribu Warga Seluma Masih Hidup Miskin

Ilustrasi-istimewa-i

RASELNEWS.COM, SELUMA - Sampai hari ini Pemkab Seluma masih mempunyai tugas besar dalam mengentaskan warganya dari hidup miskin atau kurang mampu.

Pasalnya, tercatat saat ini dari jumlah penduduk Seluma sebanyak 213.662 jiwa sebanyak 12 persen nya atau sekitar 25 ribu jiwa lebih masih hidup dalam garis kemiskinan atau prasejahtera.

Wabup Seluma, Gustianto mengatakan, Pemkab Seluma melalui OPD saat ini sedang melaksanakan semua program yang mengarah kepada masyarakat. Dengan tujuan menurunkan angka kemiskinan.

"Sekarang ini tercatat 12 persen warga Seluma masih hidup miskin, dari total penduduk yang ada. Jadi kami bertekad menurunkan angka ini. Minimal dua persen pada tahun 2022 ini. Sehingga jumlah masyarakat miskin tinggal 10 persen," tegas Wabup Seluma.

Namun saat murahnya harga komoditas sawit. Sehingga mempengaruhi perekonomian masyarakat. Apalagi masyarakat Seluma mayoritas hidup dari hasil bertani dan berkebun. "Ditengah kami berusaha menurunkan angka kemiskinan. Justru harga sawit anjlok. Ini jelas sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat," kata wabup.

Pemkab Seluma memberikan sejumlah bantuan untuk peningkatan perekonomian. Seperti pemberian bibit dan pupuk secara gratis di Dinas Pertanian. Kemudian perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), selanjutnya pemberian sejumlah bantuan sosial untuk keluarga pra sejahtera. Agar mereka semua hidup layak.

"Untuk masyarakat yang mendapatkan bantuan sosial. Kami sangat berharap agar bantuannya bisa digunakan untuk membuka usaha. Sehingga bisa menambah pemasukan bagi keluarga tersebut," tegasnya.

Selain itu, untuk angkatan kerja di Kabupaten Seluma. Wabup meminta agar mereka bisa lebih kreatif. Dengan membuka lapangan pekerjaan. "Bagi angkatan kerja yang mempunyai keterampilan. Kami minta untuk bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri, seperti bengkel, usaha menjahit, serta yang lainnya," pungkas Wabup Seluma. (rwf)

Sumber: wakil bupati seluma