Pembangunan Labkesda Butuh Anggaran Rp 12 M

Pembangunan Labkesda Butuh Anggaran Rp 12 M

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Didi Ruslan -Wawan Suryadi-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pembangunan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Laboratory Biosafety Level 2 (BSL-2) di Kabupaten Bengkulu Selatan butuh anggaran Rp 12 miliar.

Dengan rincian Rp 8 miliar untuk membangun gedung dan Rp 4 miliar untuk pengadaan peralatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan BS, Didi Ruslan, M.Si mengaku, rencana pembangunan gedung Labkesda BSL-2 ini akan difasilitasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023. Diharapkan pembangunan ini bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait mutu pelayanan kesehatan. Untuk pemeriksaan laboratorium tidak perlu lagi meminta bantuan ke daerah lain.

"Pembangunan laboratorium ini direncanakan untuk pelayanan umum. Nantinya, akan bekerjasama dengan pihak rumah sakit," kata Didi.

Terpisah, Kabag Tata Pemerintahan dan Otoda Setkab BS Tedy Setiawan, mengatakan, untuk saat ini Pemkab BS sudah mengantongi izin terkait rencana pembangunan gedung Labkesda di Kabupaten BS. Labkesda BSL-2 ini akan dibangun wilayah komplek perkantoran Padang Panjang diatas Lahan TNI Angkatan Udara (AU) tepatnya di depan RSUD Hassanudin Damrah (RSUD HD) Manna atau samping Rusunawa Akbid Manna.

"Kami hanya sebatas memfasilitasi lahan saja. Kalau masalah izin sudah ada. Tinggal menunggu realisasinya saja. Semoga pembangunan laboratorium ini nanti bisa segera terwujud,” haranya. (one)

Sumber: pemkab bengkulu selatan