Tiga Gugur, Satu Tak Hadir, 42 Peserta Jalani Assessmen

Tiga Gugur, Satu Tak Hadir, 42 Peserta Jalani Assessmen

ASSESSMEN: Para peserta JPTP yang mengikuti assessmen di Gedung Pemuda Manna, Ahad (24/7)-Wawan Suryadi-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Tahap seleksi terbuka 14 posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan (BS) tahun 2022, mulai memasuki tahapan assessmen. Beberapa pejabat yang lulus seleksi administrasi, kemarin (24/7), mulai mengikuti proses assessmen yang dilakukan langsung assessor lembaga PT. Mitra Optima Talenta Yogyakarta.

Assessmen hanya diikuti 42 peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Padahal saat penutupan pendaftaran, ada 45 pelamar. Namun dua orang dinyatakan tidak lulus administrasi. Sehingga hanya 43 peserta yang berhak mengikuti tahapan assessmen. Akan tetapi dari 43 peserta, pada saat assessmen yang dilakukan kemarin, ada satu peserta tidak hadir.

BACA JUGA:Pejabat Non Job Bisa Ikut Lelang JPTP

Assessmen dibuka Sekda BS Sukarni, M.Si. “Sesuai tahapan, assessmen dilakukan dua hari yang dilakukan langsung oleh assessor,” ujar Sekda yang juga menjadi Ketua Pansel Seleksi JPTP. Disampaikan Sukarni, dari masing-masing pelamar nantinya akan ditetapkan tiga besar yang akan melaju ke tahap akhir sebelum diserahkan kepada Bupati untuk ditetapkan satu nama yang dilantik.

BACA JUGA:Asesmen JPTP, Pansel Gandeng Assesor Yogyakarta

Namun tahapan seleksi masih panjang, setelah assessmen, selanjutnya seleksi kompetensi manajerial, bidang dan teknis yang dilakukan langsung tim Pansel. Seleksi kompetensi meliputi ujian tulis, makalah, dan wawancara yang sesuai jadwal digelar pada 28 Juli 2022. Selain itu, juga akan dilakukan penelusuran rekam jejak bagi pelamar, yang dijadwalkan pada 20-27 Juli, melibatkan banyak pihak.

“Untuk wawancara dilakukan bersifat pendalaman terhadap pelamar yang mencakup peminatan, prilaku dan karakter. Diharapkan tahapan ini berjalan sesuai rencana sehingga awal Agustus nanti sebanyak 14 pejabat pimpinan tinggi pratama terpilih segera dilantik,” ungkapnya.

BACA JUGA:Pemkab BS Ajukan Lelang 14 Posisi JPTP, Barli Sebut Tak Dapat Restu KASN

Sukarni juga mengapresiasi para peserta yang telah melewati serangkaian seleksi administrasi dalam seleksi terbuka JPTP. “Para peserta diharapkan bisa melalui proses assessmen ini dengan baik, tertib dan bisa memberikan kemampuan yang terbaik. Rangkaian seleksi JPTP ini akan memberikan pengalaman, pengetahuan dan pembelajaran hingga pada akhirnya nanti akan meningkatkan integritas dan pendewasaan dalam jabatan birokrasi pemerintahan," pungkasnya. (one)

Sumber: sekda bengkulu selatan