Pemda Diminta Segera Bentuk Redkar

Pemda Diminta Segera Bentuk Redkar

Safrizal-Diway.id-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Pemerintah daerah (Pemda) diimbau membentuk Relawan Pemadam Kebakatan (Redkar) sebagai upaya mencegah dan memitigasi kebakaran hutan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Safrizal ZA mengatakan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), titik panas (hotspot) terdapat di sejumlah provinsi.

"Pencegahan kebakaran dilakukan semua pihak, termasuk masyarakat," kata Safrizal, Kamis (28/7). Ia mengaku pihaknya mengapresiasi kepala daerah-kepala daerah yang progresif dalam membentuk Redkar.

Redkar dapat mengambil peran ganda baik dalam pencegahan maupun penanganan kebakaran, termasuk menjadi agen sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang ancaman bahaya kebakaran.

BACA JUGA:Maling Tabung Gas dan Beras, Dua Warga Nasal Dibekuk

"Tingginya potensi kebakaran hutan, khususnya lahan gambut, mendorong berbagai pihak khususnya pemerintah daerah untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi melalui pengawasan dan berbagai tindakan preventif guna mengantisipasi kebakaran hutan yang lebih luas,” kata Safrizal.

Dengan jumlah personel pemadam kebakaran dan penyelamatan yang terbatas, hampir tidak mungkin untuk membangun sistem peringatan dini (early warning system). Penanganan kebakaran juga tidak dapat dilakukan dinas atau satuan pemadam kebakaran semata.

Untuk itu keberadaan personel sukarelawan seperti yang tergabung dalam Redkar, menjadi penting segera dibentuk, diorganisasikan dan didayagunakan. Itu guna membantu pencegahan dan penanganan kebakaran, baik yang sifatnya domestik maupun kebakaran hutan dan lahan.

"Hal ini penting, kususnya di wilayah yang memiliki potensi tinggi kebakaran hutan," pungkasnya. (cia)

Sumber: pemprov bengkulu