Chece Aprilia, Siswi Jago Matematik di Bengkulu Selatan

Chece Aprilia, Siswi Jago Matematik di Bengkulu Selatan

PENGHARGAAN : Chece Aprilia, siswi kelas IX d SMPN 4 BS mendapatkan penghargaan usai juara di KSN tingkat Provinsi Bengkulu. Tampak dia didampingi oleh gurunya-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Nama Chece Aprilia (14) akhir-akhir ini cukup mentereng di kalangan dunia pendidikan Kabupaten Bengkulu Selatan. Terutama jenjang SMP/sederajat. Siswi cantik pelajar SMPN 4 BS ini berhasil meraih prestasi sangat membanggakan dan membuat bangga masyarakat termasuk orang tuanya dengan menjadi peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Chece yang saat ini duduk di kelas IX D, berhasil mewakili Provinsi Bengkulu berkompetisi di bidang mata pelajaran matematika ajang KSN tingkat pusat yang diselenggarakan hari ini, Selasa (2/8).

Memiliki tubuh yang ideal dengan tinggi 158 sentimeter, siswi kelahrian Dusun Selipi Desa Padang Serasan Kecamatan Pino Raya pada tanggal 1 April 2008 ini memiliki segudang prestasi.

Buah hati pasangan Yuyun (40) dan Nera Sintia Yuni (38), sangat cerdas dibidang pelajaran matematika. Bahkan, Chece merupakan siswi yang meraih juara umum secara bertahan di sekolahnya itu.

Prestasi Chece sudah menonjol sejak ia duduk di kelas VII A SMPN 4 BS. Pada saat itu, Chece sudah mampu menyabet juara terbaik ajang kompetisi matematika di sekolahnya. Kemudian, pada tahun berikutnya prestasi ini kembali meningkat. Ia berhasil meraih nilai tertinggi pada saat pembagian raport.

Sontak Chece menjadi perhatian para guru, kemudian di awal 2022 lalu ia dipercaya sekolah untuk mewakili SMPN 4 dalam KSN tingkat sekolah hingga melaju ke tahap nasional sekarang ini.

Meski berasal dari keluarga biasa biasa saja, Chece mengaku niatnya untuk menjadi orang sukses tidaklah luntur. Bahkan, prestasi yang ia dapat saat ini merupakan jerih payahnya dengan belajar sungguh-sungguh.

“Saya ingin membahagiakan orang tua, sekolah dan daerah,” ujar Chece yang bercita-cita ingin menjadi guru matematika ini.

BACA JUGA:Lindungi Anak Dari Kekerasan, Bengkulu Selatan Susun RAD-KLA

Ia mengaku, motivasinya tekun belajar dan menyukai mata pelajaran matematika telah tumbuh sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Ia yang saat itu belajar di SDN 89 BS cukup fasih dalam mengerjakan soal hitungan dan kerap menjuarai kompetisi matematika antar pelajar SD.

“Orang tua juga sangat disiplin menyuruh kami belajar. Agar kelak bisa menjadi anak yang berbakti dan berguna,” sambung Chece.

Sementara itu, Plt. Kepala SMPN 4 BS, Yeffi Roza Agustin, S.Pd mengaku sangat bangga atas raihan salah seorang siswinya tersebut. Bagi Yeffi, prestasi yang didapat Chehe merupakan keberhasilan para gurunya dalam mendidik siswa.

“Awal kompetisi, Chece sudah sangat baik. Kemudian lanjut tingkat kabupaten juga menjadi yang terbaik. Sekarang ia justru bersaing di tingkat nasional. Dengan ini, kami berikan dukungan penuh terhadap Chece. Tak hanya dukungan fasilitas, namun dukungan moral dan batin juga kami berikan,” ujarnya.

Agar kedepan prestasi Chece semakin baik, pihaknya telah menyiapkan reward khusus bagi siswi tersebut. Reward berupa beasiswa sekolah dan sertifikat prestasi akademik.

“Sudah kami siapkan (reward). Dari Disdikbud BS juga akan diberikan reward. Untuk itu, kami berharap kedepan ada lagi siswa lain yang dapat mengikuti jejak prestasi Chece,” sambungnya. (rzn)

Sumber: