Banyak Ikan Mati, Kades Minta Pemkab Bertindak

Banyak Ikan Mati, Kades Minta Pemkab Bertindak

IKAN MATI : Anggota DPRD Seluma, Ulil Umidi Kabupaten Seluma minta pemerintah menindaklanjuti peristiwa banyak ikan mati di sungai wilayah desa mereka-Ahmad Fauzan-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kades Penago Baru Kecamatan Ilir Talo, Salikin mengaku belakangan ini banyak ditemukan ikan mati di aliran sungai di desa mereka. Sehingga kades meminta Pemkab Seluma dapat memeriksa penyebab kematian ikan tersebut.

Penemuan ikan mati dan sudah mengambang ini sudah diketahui masyarakat sejak Minggu (31/7). Masyarakat khawatir ikan mati ini dikarenakan keracunan.

"Saat ini (kemarin,red) masih ditemukan ikan yang mati di sungai. Kami tidak mengetahui penyebabnya. Tapi yang jelas aliran sungai ini berasal dari Desa Air Teras. Diduga Sungai Air  Teras sudah tercemar limbah yang dibuang oleh PT. BSL yang bergerak di bidang pengolahan minyak CPO," ungkap Salikin seperti dikutip Rasel, kemarin.

BACA JUGA:Siswi SMP di Kaur 11 Kali Dicabuli Duda asal Jambi

Kades mengaku warga tidak berani mengambil ikan yang mengambang di sungai. Karena dikhawatirkan sudah mengandung racun yang dapat mempengaruhi kesehatan warga. Serta ekosistem sungai.

Ditambah lagi sungai itu selama ini menjadi tempat masyarakat mencari ikan. Sungai juga sering menjadi sumber minum ternak masyarakat.

"Saat ini masyarakat juga takut mau memancing. Karena takut ikan yang didapat masih tercemar dengan racun limbah," tegasnya.

Kades mengaku sudah melapor ke pihak kecamatan. Ia berharap agar ada ditindaklanjuti pemeriksaan penyebab kematian ikan.

“Jika memang akibat limbah, harus ada langkah dan tindakan selanjutnya. Jangan sampai malah merugikan masyarakat," desak Salikin. (rwf)

Sumber: kades penago baru