Penyebab Ikan Mati Masih Ditelusuri

Penyebab Ikan Mati Masih Ditelusuri

IKAN MATI : Anggota DPRD Seluma, Ulil Umidi Kabupaten Seluma minta pemerintah menindaklanjuti peristiwa banyak ikan mati di sungai wilayah desa mereka-Ahmad Fauzan-raselnews.com

RASELNEWS.COM, SELUMA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Seluma, Sudarman, mengatakan pihaknya masih menelusuri penyebab ikan di sungai Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo banyak yang mati. Namun sejauh ini belum ditemukan titik terang penyebabnya, karena saat turun ke lapangan Sudirman mengaku sudah tidak ditemukan lagi ikan mati di sungai itu.

Petugas DLHK Seluma juga sudah mendatangi perusahan PT BSL yang bergerak dibidang pengolahan CPO di Desa Air Teras. Untuk memastikan kemungkinan ikan mati di sungai itu akibat limbah pabrik.

BACA JUGA:Banyak Ikan Mati, Kades Minta Pemkab Bertindak

Tetapi Sudarman juga belum bisa mengambil kesimpulan, karena jarak dari Desa Air Teras ke Desa Penago Baru cukup jauh, yakni sekitar 12 kilometer. Sehingga saat kecil kemungkinan jika memang ada limbah yang dibuang, bisa sampai ke Desa Penago Baru. Sedangkan desa yang terletak sebelum di Desa Penago Baru, tidak ditemukan adanya permasalahan ini.

"Tapi sebagai tindaklanjut, kami tetap turun ke lapangan. Mengambil sampel air di Desa Penago Baru. Tapi untuk pemeriksaan harus ke Laboratorium di Lampung. Karena di Kabupaten Seluma tidak ada alatnya," tegasnya.

BACA JUGA:Anggota DPRD Seluma Minta Telusuri Penyebap Banyak Ikan Mati

Kemudian dari hasil konfirmasi lapangan. Sudarman mengatakan tidak ada kolam limbah yang bocor di PT BSL. Serta pihaknya tidak melihat aktivitas pembuangan limbah oleh PT BSL ke aliran sungai di Desa Air Teras. "Saat kami datang, tidak ditemukan adanya kolam lombah yang bocor. Aktivitas pembuangan limbah ke sungai juga tidak terlihat," pungkas Sudarman kemarin. (rwf)

Sumber: