Terjadi 156 Kasus Gigitan Anjing di Seluma

Terjadi 156 Kasus Gigitan Anjing di Seluma

RASELNEWS.COM, SELUMA - Periode Januari-Juli 2022, di Seluma terjadi 156 kasus gigitan anjing. Korban gigitan anjing ditangani Dinas Kesehatan Seluma dengan pemberian vaksin anti rabies (VAR).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Riduwan, mengatakan stok VAR di Dinas Kesehatan Seluma sudah mendapatkan tambahan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. “Untuk jumlah kasus gigitan anjing, ada 156 kasus. Kemudian stok VAR sampai saat ini aman, warga yang terkena gigitan anjing bisa langsung mendapat VAR,” tegas Riduwan.

Ia mengatakan masyarakat yang terkena gigitan anjing diminta segera melapor ke Dinas Kesehatan agar mendapatkan VAR. Sehingga dapat mencegah kemungkinan terjangkit rabies.

“Karena kita tidak mengetahui apakah anjing atau hewan yang menggigit itu membawa rabies atau tidak. Jadi ketika digigit hewan, langsung melapor agar diberi VAR untuk mencegah rabies,” tegasnya.

Lebih lanjut Riduwan mengatakan kalau untuk hewan pembawa rabiesnya menjadi tugas OPD lain untuk melakukan penanganan. Karena Dinas Kesehatan fokus pada penyembuhan warga yang terkena gigitan hewan pembawa rabies, seperti anjing dan  monyet. (rwf)

Sumber: