Team Galak-Galak Juara Sumatera Cup Prix (SCP) III Bengkulu 2022

Team Galak-Galak Juara Sumatera Cup Prix (SCP) III Bengkulu 2022

BALAPAN: Para pebalap SCP III ambil posisi start sebelum dimulai. Tampak Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan hadiah kepada para juara-rezan okto wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN  - Gelaran Sumatera Cup Prix (SCP) putaran III 2022 yang diselenggarakan di Sirkuit Permanen Padang Panjang Bengkulu Selatan (BS) usai digelar, Minggu (7/8) sore. Balapan yang terdiri dari 11 kelas dan melibatkan 200 lebih pebalap senior dan pemula dari berbagai provinsi di Indonesia tersebut berlangsung aman dan meriah.

Di klasemen puncak SCP III kelas underbone bebek dua tak 130 CC terbuka, pebalap asal Provinsi Jawa Barat, Rio Andrian (23) bernomor 65 dari team GG (Galak-Galak) berhasil menjadi juara. Dirinya puas dengan hasil balapan 10 laps yang cukup dihabiskan dengan waktu tempuh 9:47.606 menit atau mampu meraih kategori best race. Kemenangan ini merupakan kado terbaik untuknya setelah puas bertengger di podium enam SCP II Padang beberapa waktu lalu.

Jalannya belapan berlangsung seru, 16 pebalap di klasemen puncak SCP III BS ini saling adu kebut untuk mencapai posisi terdepan. Rio Andrian yang berada di garis depan start berdasarkan hasil QQT (Qualifying Time Trial ) Sabtu (6/8), sempat kewalahan menghadapi pebalap asal Sumatera Barat (Sumbar), Daniel Damar (19) bernomor 145 asal team Can Astra RBRT Kaylila Sanjai Putri Caniago Kemagi Photid yang terus menekan sejak laps pertama.

BACA JUGA:H-2 SCP, Tim Pebalap Mulai Padati Sirkuit Padang Panjang

Daniel yang saat itu menunggani motor Yamaha F IZR 130 CC Tune Up, beberapa kali memotong laju Rio Andrian. Dua pebalap ini tampak battle dan berhasil meninggalkan belasan pebalap lain yang berada di belakang mereka.

Betul saja, di laps ketiga balapan, posisi Rio Andrian terpaksa digantikan oleh Daniel Damar. Kecepatan motor yang nyaris sama tersebut, membuat keduanya seakan terus bersenggolan ketika di trek lurus.  Bahkan, tak jarang roda depan motor keduanya tampak naik 10 sentimeter dari aspal sirkuit.

Hingga laps ketujuh, Daniel masih memimpin posisi di terdepan di klasemen puncak SCP III itu. Namun naas, di tikungan ke enam sirkuit padang panjang atau tepatnya di laps ke sembilan. Rio mampu melibas laju motor Daniel hingga ke laps sepuluh atau akhir dari race. Jarak keduanya saat itu hanya terpaut dua detik saja. Dimana Daniel hanya bisa bertengger di posisi kedua dengan total waktu lintasa 9:49.379 menit. Sementara dibelakang keduanya, ada pebalap yang juga berasal dari Sumbar, yakni Ilham Fauzan bernomor 90 dari team ARTM Racing Team.

“Setelah ini, para pebalap SCP III akan berlanjut pada jadwal selanjutnya yakni SCP IV di Pekan Baru Riau. SCP ini akan berakhir hingga seri kelima yang akan diadakan di Kota Jambi,” ujar Bayu, Official SCP III BS.

Diteruskannya, setelah berhasil menjuarai SCP nantinya, tiga besar pebalap akan melaju pada ajang Kejurnas yang kemungkinan besar digelar akhir 2022. Kejurnas nantinya akan melibatkan pebalap senior dari 34 Provinsi di Indonesia. “Saat ini baru 11 provinsi yang bergabung. Karena skopnya baru SCP, nanti mereka ini (pemenang) akan laju ke Kejurnas balap motor,” pungkas Bayu.

Beri Apresiasi

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memberikan apresiasi penuh bagi para juara SCP III Bengkulu Selatan. Dihadapan para pebalap, Rohidin mengaku terkesima atas antusias para peserta yang turut menyukseskan rangkaian acara tersebut. Iapun mendukung langkah tim SCP dalam rangka mencari bibit unggul pebalap Indonesia di kemudian hari.

BACA JUGA:Hari Ini, 60 Pebalap Adu Kebut, Road Race Digelar Tanpa Penonton

“Ini sebagai ajang pencarian bakat anak muda, terutama yang menekuni dunia balapan. Kami, turut bangga dengan kegiatan ini, karena menjadi ajang khusus penyaluran bakat generasi muda,” ujar Rohidin ketika membuka acara SCP III di Sirkuit Padang Panjang BS, kemarin (7/8). 

Ia mengaku, kegiatan balapan merupakan ajang bergengsi untuk kalangan pecinta otomotif.  Maka itu, para pebalap harus lebih gigih dan mampu menampilkan hasil terbarik.

“Tadi kami sudah berbincang dengan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bengkulu. Dimana, kami siap mensupport kegiatan rutin balapan, dengan menyediakan sirkuit balap yang maksimal. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat, fasilitas balapan ini segera terlengkapi dengan baik,” ungkap Rohidin seraya memberikan hadiah kepada para juara SCP III. (rzn)

Sumber: