Pekan Ini Harga TBS Sawit Ditetapkan Rp1.765 per Kg

Pekan Ini Harga TBS Sawit Ditetapkan Rp1.765 per Kg

Ilustrasi perkebunan kelapa sawit-DOK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit pekan ketiga Agustus 2022 dittapkan Rp1.765 perkilorgam (Kg). Harga yang ditetapkan berlaku untuk tingkat pabrik dengan toleransi 5 persen, Rp1.677 per Kg. Penetapan dilakukan melalui rapat Tim Perumus Harga TBS Kelapa Sawit, Senin (15/8).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan mengatakan penetapan harga cukup alot karena dianggap pihak perusahaan terlalu tinggi. Namun penetapan harga berdasarkan invoice yang disampaikan pihak perusahaan sendiri.

"Memang ada 9 perusahaan yang menyampaikan invoice. Itu menjadi dasar penetapan harga," kata Ricky.

Disampaikan Ricky, harga TBS kelapa sawit terbaru dinilai masih rendah dibandingkan dengan daerah lain yang telah di atas Rp 2.000 per Kg. Untuk Ricky berharap perusahaan dapat mematuhi ketetapan harga tersebut.

"Tidak ada alasan bagi perusahaan untuk tidak patuh. Ini hasil dari ketetapan bersama," tegas Ricky.
Ia mengatakan pemerintah akan kembali menetapkan harga terbaru dua pekan kedepan. Sesuai kesepakatan, penetapan harga TBS kelapa sawit dilakukan setiap dua pekan.

Untuk itu, pihak perusahaan kelapa sawit yang totalnya mencapai 32 perusahaan, diminta aktif menyampaikan invoice. Pasalnya selama ini hanya sebagian kecil perusahaan yang patuh menyampaikan invoice kepada pemerintah.

"Yang patuh tidak sampai sepuluh (perusahaan) jumlahnya. Kami sudah sering menyampaikan imbauan itu," pungkas Ricky. (cia)

Sumber: kepala dinas tanaman pangan dan holtikultura provinsi bengkulu