Rekor Muri Bendera Terpanjang di Bengkulu Selatan Terancam Batal, Bendera Tetap Dibentang

Rekor Muri Bendera Terpanjang di Bengkulu Selatan Terancam Batal, Bendera Tetap Dibentang

BATAL : Ketua Komunitas Pemuda Kreatif Bengkulu Selatan, Siharman mengaku pemecahan rekormuri membentang bendera merah putih terpanjang dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 di Bengkulu Selatan terancam batal-Sahri Senadi-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Rencana Komunitas Pemuda Kreatif Bengkulu Selatan memecahkan rekor muri dengan membentang bendera merah putih terpanjang pada momen HUT RI Ke 77 terancam batal.

Alasannya tidak ada anggaran untuk mendatangkan tim Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) untuk melakukan penilaian. Walaupun batal memecahkan rekor muri, bendera dengan panjang 4.265 meter tersebut tetap akan dibentangkan.

Ketua Komunitas Pemuda Kreatif BS, Siharman mengatakan, bendera merah putih sepanjang 4.265 meter dengan lebar satu meter sudah selesai dijahit. Rencananya bendera itu akan dibentang pada 14 Agustus lalu dengan melibatkan tim Muri untuk melakukan penilaian. Karena keterbatasan anggaran akhirnya kegiatan itu tidak bisa dilaksanakan.

Karena bendera sudah terlanjur dijahit, Siharman tetap berkeinginan bendera itu dibentang pada tanggal 24 Agustus mendatang. Karena bendera ini sangat panjang, Siharman berharap kesediaan masyarakat Bengkulu Selatan untuk ikut secara sukarela membantu membentangkan bendera itu.

“Kami berharap masyarakat mau membantu kami membentangkan bendera itu,” kata Siharman saat datang ke Graha Pena Radar raselnews.com, kemarin (19/8).

Siharman mengaku, untuk menjahit bendera merah putih sepanjang 4.265 meter itu, pihaknya sudah menghabiskan anggaran 143 juta. Anggaran itu untuk membeli bahan dan upah penjahit.

Anggaran itu didapat dari sumbangan masyarakat dan uang kas Komunitas Pemuda Kreatif Bengkulu Selatan. “Itu uang dari sumbangan masyarakat dan uang kas komunitas,” jelas Siharman.

Dia menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan agar rencana pemecahan rekor Muri bendera merah putih di Bengkulu Selatan bisa terlaksana. Koordinasi ke Pemkab Bengkulu Selatan sudah dilakukan, tetapi anggaran tidak ada. Komunitas diminta untuk menunda pemecahan rekor muri ini menunggu dana hibah setelah APBDP Bengkulu Selatan disahkan.

Upaya lainnya meminta bantuan ke Pemprov Bengkulu, jawaban yang sama juga didapat. Anggaran untuk even juga sudah tidak ada.

Kemudian Siharman mengaku mengajukan permohonan kepada Megawati Soekarno Putri, tetapi upaya itu juga tidak mendapatkan support dana. “Sudah kecil kemungkinan pemecahan rekor muri bendera merah putih terpanjang di Bengkulu Selatan ini dapat dilaksanakan pada Bulan Agustus ini. Tapi kami tetap akan berjuang untuk memecahkan rekor muri ini pada lain waktu. Mungkin momen hari sumpah pemuda nanti,” tutup Siharman.

Dia menambahkan, bendera merah putih terpanjang itu memiliki 10 bagian. bagian pertama memiliki panjang 17 meter, bagian ketua memiliki panjang 8 meter, bagian ketiga memiliki panjang 1945 meter. Ini melambangkan hari kemerdekaan Indonesia.

Bagian keempat memiliki panjang 77 meter melambangkan HUT RI Ke 77. Kemudian bagian ke lima memiliki panjang 54 meter melambangkan HUT ke 54 Provinsi Bengkulu, bagian ke enam memiliki panjang 72 meter melambangkan HUT Kabupaten bengkulu Selatan. Bagian ke 7 sepanjang 45 meter, bagian ke 8 sepanjang 17 meter bagian ke 9 sepanjang 8 meter dan bagian terakhir memiliki panjang 2.022 meter. (stb)

Sumber: ketua komunitas pemuda kreatif bengkulu selatan