Tahun Ini Bengkulu Selatan Kehilangan 85 Guru

Tahun Ini Bengkulu Selatan Kehilangan 85 Guru

PEMBERKASAN: Pegawai Dinas Dikbud Bengkulu Selatan mendata berkas guru yang memasuki masa pensiun-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sebanyak 85 guru dan pengawas TK, SD dan SMP di Bengkulu Selatan (BS), memasuki masa pensiun pada tahun ini. Jumlah guru dan pengawas yang pensiun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 78 orang.

Sekretaris Dinas Dikbud BS Arif Gunawan, M.Si membenarkan hal tersebut. Data pensiunan guru dihitung sejak Januari-Desember 2022.

“Sekarang tinggal 2300 guru PNS yang ada di BS. Apalagi jika tidak ada perekrutan guru PNS, tenaga guru jelas akan berkurang,” ujarnya.

BACA JUGA:Tujuh Siswa MAN Bengkulu Selatan Ikut KSM Provinsi

Pensiunnya puluhan guru senior berpengaruh bagi proses pendidikan sekolah. Apalagi BS merupakan daerah yang paling banyak kekurangan guru PNS (berbanding dengan jumlah sekolah).

“Sementara ini kekurangan guru ditanggulangi dengan tenaga honorer. Di samping itu juga mengusulkan perekrutan PPPK untuk mengisi kekosongan jabatan guru,” paparnya.

Sekolah yang mengalami kekurangan tenaga pendidik juga diminta segera melapor ke Dinas Dikbud BS. “Lapor saja misal sekolah kurang guru. Jika memang nanti memungkinkan, bisa jadi dilakukan pemerataan ulang guru yang selama ini dinilai menumpuk di sekolah tertentu,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: sekretaris dinas dikbud bs arif gunawan