Tanggulangi Jalan Rusak, BPBD ke Provinsi

Tanggulangi Jalan Rusak, BPBD ke Provinsi

ABRASI: Kondisi jalan lintas Seginim-Air Nipis dan rumah warga di Desa Durian Seginim yang terancam abrasi Sungai Air Bengkenang-sugio aza putra-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BENGKULU SELATAN (BS), Rendra WS, SP mengaku bakal memperjuangkan perbaikan atas rusaknya jalan penghubung Kecamatan Seginim-Air Nipis, di Desa Durian Seginim Kecamatan Seginim, akibat meluapnya Sungai Bengkenang pasca hujan deras, Kamis (29/8/2022) lalu.

Meski status jalan tersebut milik provinsi, tim BPBD BS akan melakukan pengukuran dan penghitungan nilai kerusakan.

Apalagi jalan tersebut merupakan jantung utama akses masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

“Kami lakukan pengukuran terlebih dahulu atas amblesnya jalan Desa Durian Seginim Kecamatan Seginim. Data yang terkumpul akan dikirim ke provinsi untuk dilakukan perbaikan,” ujarnya dikonfirmasi Rasel, Ahad (4/9/2022).

Rendra mengaku kerusakan jalan membuat akses lalu lintas terganggu. Jika tidak cepat diperbaiki, bukan tidak mungkin permukaan jalan di sebelahnya ikutan ambles.

Lebih mengkhawatirkan, di sebelah jalan ini terdapat puluhan rumah warga yang sewaktu-waktu bisa longsor akibat luapan sungai.

“Sementara ini pada bagian yang ambles dipasang papan peringatan dan pembatas kayu. Tujuannya agar tidak ada pengendara yang terperosok ke dalam lumbang jalan,” bebernya.

BPBD BS berencana membangun beronjong agar lapisan tanah lebih kuat dari kikisan air.

“Untuk sementara ini, kami ingatkan agar warga yang berada di lokasi lebih waspada. Sebab cuaca di lapangan tidak menentu,” imbuh Rendra. (rzn)

 

Sumber: