148.376 KPM di Provinsi Bengkulu Terima BLT BBM

148.376 KPM di Provinsi Bengkulu Terima BLT BBM

BLT : Penyerahan BLT BBM yang diintregasikan dengan program pasar murah digelar di PT Pos cabang Bengkulu-Lisa Rozari-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Sebanyak 148.376 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Provinsi Bengkulu menerima Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM). Penyaluran BLT BBM ini merupakan salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta, BLT itu digunakan secara efisien. "Ini saya ingatkan betul-betul digunakan untuk membeli bahan pangan," kata Gubernur, seusai menyerahkan secara simbolis BLT BBM, Rabu 7 sEPTEMBER 2022.

Bantuan imi diberikan sebesar Rp600 ribu yang disalurkan dua tahap yaitu pada September dan Desember 2022. Gubernur mengatakan, penyaluran BLT BBM dilakukan oleh Kantor Pos Bengkulu dikolaborasikan dengan Pasar Murah Terintegrasi yang merupakan salah satu program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

"Sehingga masyarakat tidak perlu jauh membeli kebutuhan pokok dan ini merupakan bentuk kolaborasi dan efesien," katanya.

BACA JUGA:BLT Minyak Goreng Tersalurkan Rp44,62 Miliar

Gubernur juga mengingatkan agar melakukan validasi data KPM. Sehingga masyarakat yang belum masuk sebagai KPM bisa mendapatkan manfaat yang sama di tahun mendatang.

Bukan pendataan yang baru namun memvalidasi data yang ada karena dalam perjalanan waktu para calon penerima KPM itu bisa jadi ada yang meninggal dunia ataupun pindah domisili.

"Maka data-data seperti ini perlu diganti agar masyarakat yang memang kesulitan atau belum terdata sebagai KPM itu bisa menggantikan posisi ini. Saya meminta Dinas Sosial berkoordinasi dengan kementerian," kata Rohidin.

Selain penyaluran BLT BBM sebesar Rp 300 ribu, masyarakat juga menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp200 ribu/KPM. Penyaluran bantuan ini akan berlangsung hingga 10 hari ke depan. (cia)

Sumber: gubernur bengkulu