Seluma Dapat Kuota Replanting 400 Hektar

Seluma Dapat Kuota Replanting 400 Hektar

Bibit Kelapa Sawit-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Tahun 2022 ini Kabupaten Seluma kembali mendapatkan kuota untuk penanaman kembali (replanting) sawit. Namun program ini baru akan dimulai akhir tahun 2022.

Untuk Kabupaten Seluma mendapatkan kuota tahap pertama sebanyak 200 hektar, dan tahap kedua 200 hektar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan program replanting ini dilakukan untuk membantu masyarakat petani sawit di Kabupaten Seluma.

"Untuk replanting total seluas 400 hektar akan disalurkan dalam dua tahap. Untuk tahun 2022 ini akan dimulai akhir tahun ini," sebut Arian Sosial. Ia menegaskan setiap satu hektar akan menerima anggaran sebesar Rp30 juta. Namun akan diserahkan dalam bentuk pekerjaan.

BACA JUGA:Harga TBS Kelapa Sawit Merangkak Naik

Mulai dari pembersihan tanaman sawit yang lama atau tumpang ciping, penyemaian, hingga penanaman kembali tanaman sawit. Semuanya dibiayai oleh pemerintah melalui program replanting.

"Saat ini sudah ada sebanyak 5 kelompok yang memasukkan usulan untuk mendapatkan program replanting ini. Dengan total hampir mencapai 400 hektar. Sehingga target atau kuota replanting ini akan tercapai," kata Arian Sosial.

Namun tetap semua usulan yang disampaikan oleh kelompok tani untuk lahan masyarakat yang direplanting  akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu. (rwf)

Sumber: dinas pertanian seluma