Hasil ANBK Diumumkan Oktober

Hasil ANBK Diumumkan Oktober

Ilustrasi murid SD sedang mengikuti ujian-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Hasil asesment nasional berbasis komputer (ANBK) tingkat sekolah di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) bakal diumumkan serentak pada Oktober mendatang. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan, Novianto, S.Sos, M.Si, mengatakan hasil ANBK merupakan keputusan pusat.

Sekolah dalam hal ini hanya melaksanakan kegiatan ANBK sesuai standar operasional prosedur dan petunjuk teknis yang telah diberikan Kemendikbud Ristek RI. "Untuk jenjang SMP telah selesai melaksanakan UNBK," ujarnya.

Dikatakan Novianto, pelaksanaan ANBK sendiri merupakan proses pemetaan hasil belajar siswa selama menempuh pendidikan di bangku sekolah.

BACA JUGA:Blank Spot, Boleh Gelar ANBK di Sekolah Lain

Sebagai pengganti ujian Nasional berbasis komputer atau unbk. Assessment sendiri menjadi sebuah rekomendasi atau pegangan sekolah untuk meningkatkan mutu belajar di kemudian hari.  

"Tidak ada imbas ataupun dampak ke siswa yang ikut kegiatan anbk ini dikarenakan ini bukan sebuah kompetisi apalagi ujian," terang Novianto.

Meskipun tanpa imbas secara langsung kepada siswa, Novianto menyebut bahwasanya nilai yang diberikan atau grade dari Kemendikbud harus dipedomani.

Dengan hasil ANBK ini sekolah bisa mengetahui kekurangan dan kelebihannya masing-masing. 

"Ini sifatnya antisipasif dan memberi sebuah pandangan jangka panjang bagi sekolah. jadi sebuah sekolah itu bisa cepat berbenah dengan hasil ambk yang didapat secara mutlak," jelas Novianto.

BACA JUGA:ANBK Permudah Guru Gali Potensi Siswa

Di sisi lain Novianto mengakui bahwa selama pelaksanaan ANBK di tingkat SMP, hal yang paling menghambat jalannya kegiatan yakni belum stabilnya jaringan internet di sejumlah wilayah kabupaten Bengkulu Selatan.

Akibatnya sekolah harus menyiapkan modem cadangan agar kegiatan ANBK siswa tidak terganggu.

"Kalau di kota semuanya sudah aman dan lancar tapi tinggal di wilayah desa namun tetap kami siasati dengan penambahan modem eksternal. Untuk itu kami berharap ke depan penyedia layanan jaringan internet di Kabupaten Bengkulu Selatan lebih serius dan meningkatkan kapasitasnya," demikian Novianto. (rzn)

Sumber: