Mulut Muara Sungai Air Manna Dangkal Lagi, Perahu Kesulitan Keluar Masuk

Mulut Muara Sungai Air Manna Dangkal Lagi, Perahu Kesulitan Keluar Masuk

TINJAU: Wabup Bengkulu Selatan meninjau lokasi pendangkalan muara Sungai Air Manna di Pasar Bawah-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pendangkalan mulut muara Sungai Air Manna yang menghubungkan ke laut lepas di kawasan Pantai Pasar Bawah menyebabkan perahu nelayan sulit keluar-masuk melaut.

Wabup Bengkulu Selatan (BS), H. Rifai Tajudin yang turun langsung mengecek lokasi didampingi Kepala Dinas Perikanan BS Santono M.Pd, memerintahkan agar dilakukan pengerukan mulut muara.

“Terkait keluhan para nelayan Pantai Pasar Bawah ini, akan segera dilakukan upaya tindakan pengerukan. Agar bisa memperlancar perahu nelayan untuk keluar-masuk mencari ikan," kata Wabup.

BACA JUGA:Ingin Beli BBM Subsidi, Nelayan dan Petani Wajib Bawa 'Surat Sakti'

Pendangkalan mulut muara juga rentan membuat para nelayan mengalami kecelakaan melaut. Pasalnya tidak jarang perahu kandas dan terhempas oleh ombak ketika memasuki mulut muara.

"Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan keluhan ini. Mudah-mudahan apa yang diharapkan dapat mengurangi permasalahan yang dihadapi para nelayan," ujar Rifai. 

BACA JUGA:494 Nelayan Bengkulu Selatan Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

Ditambahkan Kepala Dinas Perikanan BS Santono M.Pd, pengerukan nantinya akan diusahakan menggunakan alat berat. Hal itu agar alur keluar-masuk perahu nelayan menjadi lebih dalam sehingga tidak kandas ke dasar.

"Tentu secepatnya akan dilakukan pengerukan. Tapi para nelayan harap bersabar dengan kondisi yang dihadapi ini, jika cuaca baik besok (hari ini) mulai dilakukan pengerukan,” papar Santono. (one)

Sumber: