PMK Belum Selesai, 637 Ekor Ternak Sapi Masih Terjangkit

PMK Belum Selesai, 637 Ekor Ternak Sapi Masih Terjangkit

Tim Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu dan Distan BS menyediakan ribuan dosis obat PMK untuk penangan ternak yang terpapar beberapa waktu lalu-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masih menjangkiti 637 ekor hewan ternak di di Provinsi Bengkulu. Sebelumnya terdata 11 ribu kasus PMK di Bengkulu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu Muhammad Syarkawi mengatakan kasus PMK tersebar di tujuh kabupaten/kota.

Yakni Bengkulu Selatan, Seluma, Kaur, Bengkulu Tengah, Mukomuko, Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Tiga Kabupaten Nol Kasus PMK

"Kasus PMK hanya menyisakan 637 kasus. Kami berharap seluruh ternak yang terpapar ini segera sembuh," kata Syarkawi, Senin (26/9/2022).

Selain kasus aktif, capaian vaksinasi PMK sudah mencapai 24 ribu ekor. Sedangkan ternak yang mati terdata 61 ekor dan 34 ekor ternak dipotong bersyarat.

"Untuk ternak yang telah mengusulkan ganti rugi sebanyak 14 ekor," kata Syarkawi.

BACA JUGA:Penanggulangan PMK Bisa Gunakan BTT

Terpisah, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengingatkan para peternak dapat mengusulkan bantuan jika hewan ternak mati atau dipotong karena PMK.

"Jika memang benar mati karena PMK dan laporannya dibenarkan Satgas yang dikomandoi BNPB, bisa mengajukan bantuan," demikian Rohidin. (cia)

Sumber: