Baru Satu Desa Cairkan DD Tahap III

Baru Satu Desa Cairkan DD Tahap III

ilustrasi dana desa-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Sebanyak 182 desa di Kabupaten Seluma sudah bisa mengusulkan dana desa (DD) tahap III.

Pemkab Seluma melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) telah memproses usulan pencairan DD yang masuk ke BKD Seluma agar DD tahap II bisa dikucurkan ke rekening desa penerima.

Hanya saja menurut Plt Kepala BKD Seluma Sumiati, sampai kemarin, baru satu desa yang sudah mencairkan DD tahap III yakni desa Renah Gajah Mati (RGM) I.

Sedangkan yang sudah mengajukan pencairan saat ini dua desa yakni Talang Beringin Kecamatan Seluma Utara, dan desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan.

"Jadi saat ini yang mengajukan pencairan baru tiga desa. Satu desa sudah cair dan dua desa masih dalam proses. Tidak lama lagi akan dicairkan dan diproses ke rekening desa penerima," sebut Sumiati.

Lanjut Sumiati, DD tahap III yang dikucurkan ke rekening desa sebesar Rp28 miliar. DD merupakan pencairan tahap akhir. Selain itu, DD juga digunakan untuk pembayaran bantuan langsung tunai (BLT) tahap IV.

  DD juga salah satunya digunakan untuk pemberian BLT tahap IV kepada masyarakat penerima di setiap desa. Sehingga untuk pemerintah desa kami minta untuk segera mengusulkan pencairan DD ke BKD sehingga bisa segera diproses," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD), Nopetri Elmanto, mengatakan usulan pencairan disampaikan oleh desa ke kecamatan. Kemudian diverifikasi di DPMD dan diserahkan ke BKD.

"Kami juga sudah menyampaikan pemberitahuan ke kecamatan dan desa agar segera mengajukan DD tahap akhir. Sehingga program bisa segera dijalankan," pungkasnya. (rwf)

Sumber: