Guru Juga Dituntut Terus Belajar

Guru Juga Dituntut Terus Belajar

Kabid PTK Dinas Dikbud Bengkulu Selatan Amir Syopian-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Guru ditintit terus belajar. Kabid Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Dikbud Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Amir Syopian, M.Pd, meminta guru jenjang SD dan SMP untuk mengkuti Program Guru Belajar (PGB) yang digagas Kemendikbud RI.

Program tersebut bertujuan untuk membantu dan membekali para guru dengan keterampilan untuk mengembangkan kemampuan belajar para siswa. Serta meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesionalisme para guru.

“Saat ini program guru belajar kembali diteruskan oleh Kemendikbud RI. Silahkan para guru baik PNS ataupun honorer mengikuti program tersebut secara maksimal, karena guru juga perlu belajar agar memperdalam pengetahuannya,” ujar Amir.

Para guru yang ingin mengikuti program tersebut caranya cukup mudah. Pertama, guru mengakses laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id, lalu, input UKG ataupun akun email yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (dapodik).

BACA JUGA:PGRI: Provinsi Bengkulu Kekurangan 2.955 Guru

“Program tersebut lebih kepada komunitas, tapi cakupannya sangat luas yakni se Indonesia. Masing-masing guru dapat menyesuaikan jadwal belajarnya sesuai dengan waktu luangnya,” sambungnya.

Dalam program tersebut juga tersedia seri pendidikan keterampilan hidup, seri belajar mandiri bagi calon guru ASN PPPK, seri belajar pendidikan inklusif serta seri asesmen kompetensi minimum. “Ada banyak pilihan belajar yang menarik dan spesifik. Disamping itu, para guru juga dapat berkolaboratif dengan peserta guru belajar dari daerah lain. Sehingga menambah ilmu pengetahuan dan kapasitas diri,” papar Amir.

Untuk itu, ia berharap agar antusias guru tinggi dalam mengikuti program tersebut. Sehingga kedepan dapat memberikam dampak positif yang maksimal bagi kualitas pendidikan di wilayah BS. “Dalam proses pendidikan, guru adalah sarana yang paling pokok. Jika kualitas guru baik dan maksimal. Maka hasil pendidikannya juga lebih baik,” demikian Amir. (rzn)

Sumber: dikbud bs