Kepercayaan Terhadap TNI Capai 93 Persen, Dandim Ajak Prajurit Bertindak Sesuai Tupoksi

Kepercayaan Terhadap TNI Capai 93 Persen, Dandim Ajak Prajurit Bertindak Sesuai Tupoksi

HUT: Rangkaian peringatan HUT ke-77 TNI di Makodim 0408 BS-Kaur, Rabu (5/10/2022)-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 0408 Bengkulu Selatan/Kaur menggelar upacara di Lapangan Makodim 0408 BS/Kaur, Rabu (5/10) pagi.

Dandim 0408/BS, Letkol Inf Aswin Suladi, SE.M.AK mengatakan hasil survei menyebutkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI mencapai 93 persen.

Raihan tersebut harus dijaga oleh seluruh perseonel TNI, termasuk Anggota Kodim 0408 BS/Kaur. Dandim mengingatkan seluruh personelnya untuk dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) TNI dengan tetap menjaga kepercayaan masyarakat.

“Jangan bertindak dan berucap yang tidak sesuai tugas TNI. kepercayaan masyarakat harus tetap terjaga agar bisa hidup di hati seluruh masyarakat,” ujar Dandim.

Dari beberapa lembaga survei, rerata tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI berada di atas 93 persen.

Antaranya survei yang dilakukan Lembaga Indikator Politik Indonesia (LIPI) pada 24 Juni 2022 yang memuat TNI sebagai institusi yang meraih tingkat kepercayaan tertinggi dari masyarakat dengan 93,2 persen.

Begitu juga dengan hasil yang dikeluarkan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 31 Agustus 2022 dengan tingkat kepercayaan 93 persen.

Lalu Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 dengan dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi dengan rating 93,5 persen.

“Sebagai abdi negara, TNO harus selalu memberikan konstribusi yang besar serta memberikan pelayanan masyarakat. Jangan sampai melakukan hal yang dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat,” pesan Dandim.

Sementara itu, Bupati BS Gusnan Mulyadi mengaku momentum HUT TNI akan digunakan untuk memperkokoh sinergi pembangunan daerah. Apalagi, sambung Gusnan, TNI merupakan bagian dari pemerintah daerah.

“Selain TNI, kita juga mempunyai Polri dan Kejaksaan yang siap bersinergi karena merupakan satu kesatuan. Dengan adanya mereka, memberikan konstribusi dalam berbagai bidang baik itu pendidikan, ekonomi, penanggulangan bencana, infrastruktur, sosial dan lainnya,” pungkas Gusnan.

Dandim 0408 BS bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT TNI yang bertema “TNI adalah Kita”. Upacara juga diikuti Bupati Gusnan Mulyadi, Kajari Hendri Hanafi, MH, Kapolres BS AKBP Juda Trisno Tampubolon, SIK, MH, Wabup Kaur Herlian Muchrim, dan Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setiono, SIK, MH. (rzn)

Sumber: