Setahun, BLT DD Dikucurkan Rp 40,8 M

Setahun, BLT DD Dikucurkan Rp 40,8 M

Ilustrasi BLT DD-DOK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Tahun ini besaran alokasi dana program BLT-DD di Bengkulu Selatan Rp40.8 miliar. Anggaran itu untuk 12 bulan atau jatah setahun. Dengan target atau sasaran keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 1.109 KPM yang tersebar di 142 desa di BS. Jika program ini tetap berlanjut tahun depan, maka untuk besaran alokasi anggaranya juga tidak akan jauh berbeda.

Sementara untuk tahun depan, sampai bulan Oktober 2022 ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan belum menerima besaran alokasi anggaran untuk Dana Desa (DD) maupun besaran alokasi untuk Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023.

Kepastian program BLT-DD tetap dilanjutkan atau diganti dengan program lain juga belum ada petunjuk teknisnya.

BACA JUGA:11.109 Keluarga di Bengkulu Selatan Terima BLT DD, Total Anggaran Rp 39,9 Miliar

“Sampai sejauh ini balum ada kepastian kelanjutan untuk alokasi anggaran BLT DD tahun depan, kami masih menunggu termasuk untuk pembagian alokasi DD tahun depan dari pemerintah pusat, yang jelas setahun anggaran yang terkuras untuk program BLT DD mencapai Rp 40,8 miliar yang anggaranya diambil dari DD,” ujar Kepala BPKAD BS, Nuzmanto M.Adil St melalui PPTK DD/ADD, Ujang Ali S.Sos.

Dikatakan Ujang Ali, saat ini untuk proses pencairan BLT DD triwulan tiga atau bulan Oktober, November dan Desamber sudah hampir tuntas proses transfer anggaranya ke rekening kas desa. Hanya, tinggal belasan desa lagi yang masih dalam proses kesiapan pemberkasan.

“Sebagian desa yang susah ditransfer dana untuk BLT DD ke rekening kas desa sebagian besar sudah disalurkan ke penerima manfaat, masing-masing menerima besaran bantuan Rp 300 ribu setiap KPM untuk jatah sebulan, penyaluranya bisa setiap bulan atai pertriwulan tergantung kesiapan desa,” terangnya. (one)


Sumber: bpkad bs