Kasus HIV/AIDS di Seluma Bertambah Lagi

Kasus HIV/AIDS di Seluma Bertambah Lagi

Ilustrasi HIV-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Seluma terus bertambah. Pasalnya, dari sebelumnya ditemukan 13 kasus orang dengan HIV/AIDS (Odha).

Saat ini ditemukan lagi kasus baru satu orang. Sehingga jumlah keseluruhan menjadi 14 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Seluma. Karena kasus HIV/AIDS ini terus bertambah, sehingga harus menjadi perhatian dari Pemkab Seluma.

Untuk tambahan satu kasus sendiri berasal dari Kecamatan Semidang Alas (SA). Yakni seorang pria yang berusia 30 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin, didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Riduwan, membenarkan mengenai hal ini.

BACA JUGA:Dinkes Seluma Ajak Warga Vaksin Massal

"Saat ini ada tambahan kasus baru, sebanyak satu orang penderita HIV/AIDS. Sehingga jumlahnya menjadi 14 orang. Dari jumlah tersebut satu orang yakni anak umur 9 tahun meninggal dunia. Sedangkan untuk penderita baru, saat ini masih dalam penanganan dari Dinas Kesehatan untuk mendapatkan pengogatan. Serta pendampingan," tegas Riduwan kepada Raselnews.com.

ODHA harus selalu mendapatkan pengobatan secara rutin dari Dinas Kesehatan. Serta setiap hari harus rutin meminum obat. Sehingga bisa terus menjalanjan aktivitasnya sehari hari. Dinas Kesehatan akan memprogramkan screening secara massal. Kepada masyarakat terutama mereka yang berada di tempat hiburan, di wilayah Kabupaten Seluma. Sehingga jika ditemukan mereka yang positif HIV, bisa langsung dilakukan pengobatan oleh Dinas Kesehatan.

 
"Untuk rencana screening secara massal saat ini sedang kami programkan. Sehingga ketika ditemukan yang positif bisa langsung dilakukan penanganan secara medis," pungkas Riduwan kepada Rasel. (rwf)

Sumber: dinas kesehatan seluma