Nelayan Mau BBM Subsidi? Segera Daftar di Program KUSUKA

Nelayan Mau BBM Subsidi? Segera Daftar di Program KUSUKA

KUSUKA : Dinas Perikanan Seluma saat mensosialisasikan kartu khusus pelaku usaha kelautan dan perikanan di Kecamatan Air Periukan-ahmad fauzan-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Sebanyak 1.660 orang nelayan di Kabupaten Seluma saat ini diminta segera mendaftar dan melakukan register guna mendapatkan kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (kusuka) dari Dinas Perikanan Kabupaten Seluma.

Selain itu Kusuka nantinya juga dijadikan sebagai pengganti kartu nelayan, dan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pembelian BBM bersubsidi.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma, Zuraini mengatakan Dinas Perikanan secara perlahan sudah melakukan sosialisasi di beberapa kecamatan, guna meminta masyarakat nelayan dan pelaku usaha perikanan lainnya untuk mendaftarkan agar mendapatkan program Kusuka.

BACA JUGA:Kuota Bio Solar di Seluma Terbatas, Pertalite Aman

"Kartu Kusuka dibuat dalam rangka memberikan perlindungan dan pemberdayaan bagi pelaku usaha perikanan,  percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan dan menciptakan efektivitas dan efisiensi program Pemerintah. Pendataan terhadap pelaku usaha perikanan agar tepat sasaran. Kemudian yang paling penting sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan BBM Bersubsidi," tegas Zuraini.

Ia juga meminta agar nelayan dan pembudidaya ikan serta pemasar ikan, untuk segera mendaftarkan ke Dinas Perikanan Seluma.

Menurutnya, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kartu Kusuka harus membuat surat pernyataan yang membenarkan bahwa mereka mempunyai usaha perikanan dan nelayan.

BACA JUGA:Mau Solar Subsidi di Seluma, Nih Syaratnya!

Hal itu dibuktikan dengan surat pernyataan yang ditanda tangani oleh lurah atau kades serta membawa KTP.

"Kusuka merupakan identitas nelayan yang bisa digunakan oleh nelayan untuk menunjang semua kegiatan mereka nantinya," pungkas Zuraini. (rwf)

Sumber: