Seluruh Wilayah di Bengkulu Rawan Bencana

Seluruh Wilayah di Bengkulu Rawan Bencana

BANJIR : Jalan lintas di Desa Padang Pelasan Kabupaten Seluma yang banjir beberapa waktu lalu-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menyebut seluruh wilayah di dasrah ini rawan bencana.

Baik tanah longsor, banjir maupun angin puting beliung. Sejumlah wilayah rawan banjir seperti Kota Bengkulu, Seluma, Kaur dan Bengkulu Tengah.

Sedangkan wilayah rawan longsor seperti Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, Seluma hingga Kabupaten Kaur.

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Jaduliwan mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait penanganan potensi bencana ini.

BACA JUGA:Anggaran Penanganan Bencana di Bengkulu Diusulkan Rp5 Miliar

"Untuk semua daerah kita harapkan bersiapsiaga," kata Jaduliwan.

Dia mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG Bengkulu, hujan dengan intensitas lebat dan sedang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Bengkulu.

Untuk itu kepada masyarakat yang berada di dekat bantaran sungai ataupun wilayah rawan longsor diminta kesiapsiagaannya.

"Ditambah lagi ada wilayah yang rawan angin puting beliung, seperti Lebong dan Kepahiang. Kita harapkan kewaspadaanya ditingkatkan," ujar Jaduliwan.

BACA JUGA:Bengkulu Belum Tetapkan Status Darurat Bencana

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno juga menyerukan hal yang sama.

Menurutnya, kewaspadaan ditingkatkan baik itu di lingkungan maupun pada saat berkendara di jalan raya.

Di mana, kondisi cuaca yang tidak menentu akan banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi untuk melakukan tindak pidana. 

"Sehingga diperlukan kewaspadaan dari masyarakat itu sendiri untuk menjaga lingkungannya dari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjadi korban tindak pidana," pungkasnya. (cia)

Sumber: