20 Desa di Seluma Diusulkan Jadi Desa Cerdas

20 Desa di Seluma Diusulkan Jadi Desa Cerdas

Ilustrasi Desa Cerdas-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Tahun ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Seluma akan mengusulkan 20 desa menjadi Desa Cerdas.

Usulan disampaikan ke Kementerian Desa  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT). Desa Cerdas merupakan program Kemendes-PDTT untuk menjadi pilot project.

"Saat ini kami  bersama pak bupati dan Dinas PMD akan mengusulkan dua puluh desa untuk mengikuti program Desa Cerdas ke Kemendes-PDTT. Untuk persyaratan, yang kami usulkan ini adalah desa yang memiliki fasilitas jaringan internet dan jaringan listrik,” ungkap Kepala Disnakertrans Seluma Rosdiana.

Selain mengusulkan Desa Cerdas, Seluma juga akan mengusulkan kawasan transmigrasi. “Kami berharap usulan ini akan disetujui," tegas Rosdiana kepada wartawan.

BACA JUGA:Wujudkan Desa Sebilo Menjadi Desa Wisata

Desa Cerdas adalah daerah dan masyarakat pedesaan yang dibangun di atas kekuatan dan aset mereka sendiri. Pada saat yang sama juga terdapat usaha untuk mengembangkan peluang baru yang ada di desa.

Pelayanan juga ditingkatkan melalui teknologi digital, telekomunikasi, inovasi dan penggunaan pengetahuan yang lebih baik.

"Program ini akan kami upayakan agar bisa diarahkan ke Seluma. Jadi seluruh desa secara bertahap bisa menjadi desa modern dan menjadi desa digital," tutur Rosdiana. (rwf)

Sumber: kadis nakertran seluma