KTP Digital Mulai Berlaku di Bengkulu Selatan

KTP Digital Mulai Berlaku di Bengkulu Selatan

DAFTAR : Petugas Disdukcapil Bengkulu Selatan melayani masyarakat yang ingin mendaftar aplikasi KTP digital-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Aplikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital atau elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) digital mulai diberlakukan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Masyarakat  berbondong-bondong mendatangi Dinas Dukcapil untuk melakukan pendaftaran ke aplikasi KTP digital tersebut.

Kepala Dinas Dukcapil BS, Lismanto Bayu, SE mengungkapkan, penggunaan aplikasi KTP digital ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat. Mengingat, banyak sekali keuntungan dari aplikasi ini. Salah satunya adalah masyarakat tidak perlu lagi menyimpan kartu tanda pengenal fisik.

Apalagi, didalam aplikasi ini bukan hanya data KTP-el saja yang tersimpan, melainkan Kartu Keluarga (KK) juga ada di aplikasi tersebut. Masyarakat cukup memperlihatkan atau scan QR code yang ada di handphone (hp) masing-masing.

BACA JUGA:Disdukcapil Incar Pelajar Berusia 17 Tahun

"Dengan aplikasi ini, saat berpergian masyarakat tidak usah lagi membawa fisik KTP dan KK. Cukup dengan satu aplikasi yang ada di handpone seluruh data KTP dan KK akan langsung terhubung ke handpone yang bersnagkutan," terang Bayu.

Ditambahkan Bayu, masyarakat yang belum bisa mendownload sendiri aplikasinya di play store melalui android, bisa datang Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan. Nanti petugas akan membantu.

Sebelumnya, Bupati BS Gusnan Mulyadi menyebutkan, saat ini transaksi digital memang harus di galakkan. Karena dengan membiasakan diri dengan sistem digitalisasi maka akan ada banyak kemudahan yang didapat. Apalagi mengenai dokumen kependudukan, sebab selama ini dokumen kependudukan manual kerap hilang dan banyak menghambat aktifitas untuk berkerja ataupun bepergian.

"Dengan adanya dokumen kependudukan secara online ini maka tidak ada lagi hal yang rumit ketika ingin mengurus beberapa pekerjaan yang menyangkut dokumen kependudukan," pungkas Gusnan. (one)

Sumber: