Pemanfaatan Media Koja Barcode Terintegrasi Portal Rumah Belajar pada Materi Sifat Koligatif Larutan

Pemanfaatan Media Koja Barcode Terintegrasi Portal Rumah Belajar pada Materi Sifat Koligatif Larutan

Pemanfaatan media Koja Barcode Terintegrasi Portal Rumah Belajar-istimewa-raselnews.com

Oleh:
Meydia Afrina, S.Pd., M.Pd

Pada hakikatnya belajar dan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia.

Proses belajar dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki dan mengaktualisasi potensi yang berguna demi pemenuhan kebutuhannya.

Menurut Oemar Hamalik (2008:57) pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun dari manusia, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur, yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Pembelajaran kimia merupakan suatu upaya guru dalam menyampaikan ilmu kimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatan pembelajaran kimia dibutuhkan strategi, metode, teknik maupun model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran kimia dapat tercapai dengan optimal.

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan oleh guru untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran.

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru, yang dalam menjalankan tugasnya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Teknik pembelajaran merupakan jalan, alat, atau media yang digunakan guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik ke arah tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran (Hamzah B. Uno, 2007:2).

Berdasarkan asesmen diagnostik awal yang dilakukan terhadap peserta didik kelas XII IPA di SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan tentang pemahaman konsep kimia, ternyata 50% peserta didik mendapatkan hasil yang sesuai dengan ketercapaian tujuan pembelajaran dan sisanya belum.

Sehingga hal ini menjadi  tugas utama bagi guru untuk menyampaikan konsep kimia yang abstsrak agar menjadi konkret dan mudah dipahami peserta didik.

Selain itu berdasarkan data empiris di lapangan, peserta didik lebih tertarik terhadap pembelajaran berbasis digital.

Oleh karena itu saya menerapkan pembelajaran berbasis digital sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang tergolong generasi Z. Generasi Z dinilai sebagai generasi yang ambisius dan mahir tentang hal digital.

Saya memanfaatkan media Koja Barcode Terintegrasi Portal Rumah Belajar pada Materi Sifat Koligatif Larutan.

media Koja Barcode adalah media komik ajaib berbasis QR code. Media ini saya rancang menggunakan aplikasi Canva.

Model pembelajaran yang saya gunakan adalah discovery learning. Terlebih dahulu saya memberikan stimulus atau rangsangan kepada peserta didik dengan menampilkan salah satu fitur sumber belajar yang terdapat di Portal Rumah Belajar.

Saya memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta didik terkait dengan sifat koligatif larutan, seperti bagaimana konsep sifat koligatif larutan terhadap penambahan garam pada saat kita memasak sayur, atau bagaimana keterkaitan konsep sifat koligatif larutan terhadap pemakaian obat tetes mata yang dihubungkan dengan tekanan osmotic.

Peserta didik bekerja di dalam kelompok mereka masing-masing menggunakan media Koja Barcode.

Dengan menggunakan media Koja Barcode peserta didik dapat mengumpulkan data dari pertanyaan yang diberikan dengan mengakses QR code berisi materi, yang sudah saya siapkan dalam bentuk e-book yang berisi materi yang sudah terintegrasi dengan Portal Rumah Belajar.

Peserta didik terlihat antusias dalam memverifikasi data. Berikutnya peserta didik melakukan generalisasi, menarik kesimpulan dari pertanyaan yang diberikan.

Saya memberikan umpan balik atas hasil kerja setiap kelompok. Untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran maka saya melakukan asesmen formatif menggunakan aplikasi kahoot.

Hasil dari kuis yang diberikan 80% siswa benar menjawab pertanyaan kuis.

Artinya pembelajaran kimia menggunakan media Koja Barcode efektif menamhan pemahaman konsep peserta didik mengenai sifat koligatif larutan.

Sebelum menutup pembelajaran saya selalu melakukan refleksi bersama peserta didik.

Dari hasil refleksi peserta didik merasa senang dengan pembelajaran kimia berbasis digital menggunakan media Koja Barcode.  (**)




Sumber: meydia afrina